Honda dibawah naungan Astra Honda Motor menyediakan layanan purna jual melalui bengkel-bengkel resmi yaitu AHASS (Astra Honda Authorized Service and Spareparts) yang melayani perawatan, perbaikan, dan penggantian suku cadang sepeda motor Honda. Banyaknya unit sepeda motor yang digunakan masyarakat membuka kesempatan para wiraswasta untuk membuka pelayanan perawatan dan perbaikan sepeda motor sehingga konsumen mempunyai pertimbangan-pertimbangan dasar untuk memilih pelayanan dari bengkel resmi Honda maupun bengkel wiraswasta biasa. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan perhitungan MS (Mean Score), sedangkan untuk mengetahui pilihan konsumen digunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi pertimbangan responden dalam memilih Bengkel resmi Honda (AHASS) adalah petugas sigap untuk membantu pelanggan, kecanggihan peralatan yang dipergunakan lengkap, serta keterampilan dan pengetahuan montir/personil teknis baik, karena merupakan 3 atribut tertinggi. Sedangkan yang menjadi pertimbangan responden dalam memilih Bengkel Wiraswasta Biasa adalah: prosedur pengadministrasian serta pembayaran tidak sulit, kerapihan dan kebersihan personil yang bertugas baik, serta sistem pelayanan yang tidak berbelit-belit, karena merupakan 3 atribut tertinggi. Diperoleh hasil bahwa responden lebih memilih pelayanan servis bengkel resmi Honda (AHASS). |