Kepuasan konsumen merupakan hal yang terpenting bagi perusahaan. Jika konsumen terpuaskan, maka konsumen senantiasa memakai atau menggunakan produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan. Sebaliknya, jika konsumen tidak puas atau kecewa terhadap kinerja perusahaan, maka konsumen akan meninggalkan produk dan jasa yang disediakan oleh perusahaan dan akan beralih ke perusahaan lain. Itulah sebabnya diperlukan pengukuran tingkat kepuasan konsumen sehingga bila ada konsumen yang tidak puas atau kecewa, maka perusahaan dapat segera mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan dapat segera mencari solusi agar dapat melakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel convinience sampling, metode pengumpulan data primer dengan memakai kuesioner yang diisi oleh 100 responden yaitu konsumen dari bengkel PT CAR PRO. Data yang terkumpul diuji reliabilitas dan dianalisis dengan analisis tingkat kepentingan dan kinerja serta Gap Analysis. Perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 15. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa responden atau konsumen merasa kinerja akan pelayanan bengkel PT CAR PRO sudah baik, tetapi masih belum memenuhi harapan konsumen. Jadi pihak manajemen perusahaan hendaknya lebih meningkatkan lagi kualitas kinerja karyawannya. |