Dalam memasarkan suatu produk, perusahaan melakukan promosi sehingga konsumen mengetahui keberadaan produk di pasar. Contohnya adalah Lux Magic Spell yang sekitar bulan Maret 2008 merupakan suatu produk sabun mandi terbaru yang dikeluarkan oleh PT Unilever Indonesia, Tbk. Iklan sabun mandi Lux Magic Spell yang ditayangkan di televisi akan menimbulkan persepsi pada para konsumen yang akan mempengaruhi terhadap minat beli konsumen. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk menganalisis pengaruh iklan terhadap minat beli konsumen. Adapun populasi penelitian ini adalah para wanita yang berbelanja di Carefour Mangga Dua Square, Jakarta Utara. Jumlah responden 100 orang, dengan teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah judgemental sampling. Metode analisis data yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian adalah: Korelasi Pearson menunjukkan hasil sebesar 0.878, Koefisien Determinasi menunjukkan hasil sebesar 0.77, Persamaan yang diperoleh dari hasil regresi adalah Y = 1.685 + 0.265X, serta Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklan sabun mandi Lux Magic Spell berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. |