PT Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang consumer good. Dalam penelitian ini penulis hanya membahas salah satu produk yang dihasilkan oleh PT Unilever Indonesia Tbk, yaitu produk sabun cair Dove. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen produk sabun cair Dove, dengan menyebarkan 100 kuesioner dengan metode Convenience Sampling kepada mahasiswa atau mahasiswi UNIKA Atma Jaya yang sudah memakai produk sabun cair Dove beberapa kali. Adapun atribut kepuasan konsumen yang diteliti dari produk sabun cair Dove, yaitu: manfaat produk, aroma, bahan-bahan yang digunakan, variasi atau jenis produk, desain kemasan, harga, kemudahan untuk memperoleh, dan iklan. Untuk atribut loyalitas konsumen yang diteliti yaitu: pembelian secara teratur, membeli produk atau jasa lain dari perusahaan yang sama, rekomendasi, kebal terhadap produk pesaing, pengorbanan uang, pengorbanan waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen produk sabun cair Dove. Kepuasan konsumen produk sabun cair Dove memiliki pengaruh sebesar 31,5% terhadap loyalitas konsumennya, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Selain itu, atribut utama yang membuat konsumen menjadi puas adalah manfaat produk sabun cair Dove yang menghaluskan, melembabkan, dan melembutkan kulit. Secara keseluruhan ( dilihat dari overall mean score) konsumen puas serta loyal terhadap produk sabun cair Dove. |