Dewasa ini semua bank pemerintah dan bank swasta nasional dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabahnya. Melalui pemberian pelayanan yang sesuai harapan para nasabahnya, maka diharapkan akan terbentuk loyalitas nasabah, karena nasabah yang loyal merupakan aset berharga bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah BRI II Sudirman Jakarta. Data dikumpulkan dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada responden yang menjadi nasabah BRI II Sudirman Jakarta, pada bulan Juni 2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Data yang diperoleh dari para responden kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan Mean Score, Overall Mean Score, dan Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan BRI II Sudirman Jakarta adalah baik dan tingkat loyalitas nasabah adalah tinggi. Ada pengaruh kualitas pelayanan BRI II Sudirman Jakarta terhadap loyalitas nasabahnya. |