Fluktuasi ekonomi ternyata tidak mempengaruhi perkembangan industri ritel modern. Hal ini terlihat dengan semakin meningkatnya jumlah industri ritel modern yang tersebar diseluruh kota di Indonesia. Salah satu bisnis ritel modern adalah Pasar Swalayan dan Department Store Tip Top, Pondok Bambu. Ritel tersebut menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari. Ritel ini setiap hari selalu dipadati konsumen terutama saat hari libur. Hal ini terlihat dari antrian di kasir yang selalu panjang. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menganalisis hubungan kepuasan dan loyalitas konsumen pada Pasar Swalayan dan Department Store Tip Top, Pondok Bambu. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang berbelanja di Pasar Swalayan dan Department Store Tip Top, Pondok Bambu. Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode judgemental sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk meneliti tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen adalah mean score dan overall mean score. Sedangkan untuk melihat pengaruh antara kepuasan dan loyalitas konsumen digunakan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa konsumen puas dan sangat loyal terhadap Pasar Swalayan dan Department Store Tip Top, Pondok Bambu. Selain itu, ditemukan adanya pengaruh yang berarti (signifikan) antara kepuasan dan loyalitas konsumen. |