Studi tentang desain kerja (job design) mencapai bidang baru ketika para ahli perilaku memfokuskan perhatian mereka pada berbagai dimensi pekerjaan yang dapat memperbaiki efisiensi organisasi dan kepuasan kerja karyawan secara simultan. Terdapat lima inti desain kerja yang harus dikembangkan,yaitu skill variety (keanekaragaman keterampilan), task identity (identitas tugas), task significance(pentingnya tugas), autonomy (otonomi), dan feedback (umpan balik). Kepuasan karyawan dalam melaksanakan pekerjaan merupakan salah satu permasalahan penting bagi organisasi dalam mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya. Karena dengan terciptanya kepuasan kerja, diharapkan para karyawan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan yang diinginkan oleh organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh desain kerja yang dikembangkan oleh Permata Bank terhadap kepuasan kerja karyawannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada Permata Bank, dengan sampel sebanyak 50 orang karyawan dari divisi sekuritas. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner terstruktur. Metode sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana yang dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows 12. |