Saat ini, tingkat persaingan yang tinggi di bidang retail makanan khususnya untuk restoran cepat saji semakin ketat. Untuk itu perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu diperlukan suatu brand image yang baik dari perusahaan guna mningkatkan dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh brand image terhada loyalita konsumen Kentucky Fried Chicken (Studi kasus KFC Kemang) Penulis mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang sedang berkunjung ke KFC Kemang mulai tanggal 1 – 10 Juni 2009 . Penulis menggunakan metode simple random sampling untuk penelitian ini. Untuk analisis data yang digunakan adalah Regresi Sederhana dan perhitungan Mean Score. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara brand image terhadap loyalitas konsumen KFC. Penelitian ini menggunakan atribut-atribut Brand image yang terdiri dari atribut produk, atribut tidak berwujud, manfaat bagi pelanggan, harga yang relatif, pelanggan, gaya hidup, kelas produk, dan pesaing. Sedangkan untuk atribut loyalitas konsumen yang terdiri dari pembelian berulang secara teratur, mereferensikan kepada orang lain, pembelian antar lini produk, dan kebal terhadap tarikan pesaing. |