Globalisasi telah menimbulkan perubahan pada gaya hidup masyarakat jakarta, salah satunya ialah munculnya kesadaran menjaga kebugaran mulai muncul pada orang-orang yang sudah terpenuhi kebutuhan hidupnya. Sudah cukup makan, cukup sandang, cukup barang-barang. Pada akhirnya, mereka sadar bahwa kesehatan dan kebugaran tubuh memang paling utama. Karena tanpa badan yang sehat, tentu saja tidak bisa menikmati pelbagai kesenangan hidup. Objek penelitian penulis ialah Klub Kelapa Gading (KKG) yang berlokasi di jalan Bulevar Kelapa Gading Blok KGC Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara. Dalam penelitian ini dilakukan survey terhadap 100 pelanggan sebagai instrumen penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan KKG. Data yang diperoleh diolah dengan skala pengukuran Skala Likert, serta dilakukan pemetaan (mapping) dengan diagram Kartesius. Sehingga dapat diketahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan dan dapat mengetahui faktor – faktor apa saja yang menjadi perhatian utama pelangan. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang pelanggan, diketahui bahwa tingkat rata – rata keseluruhan kinerja perusahan sebesar 3.76 dan tingkat kepentingan pelanggan sebesar 4.03. sedangkan tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepentingan pelanggan sebesar 93.3%. Hal ini menunjukan bahwa KKG telah mampu untuk memenuhi sebagian besar harapan dari para anggotanya. |