Pendidikan telah menjadi salah satu unsur penting di dalam menentukan masa depan seseorang. Untuk memperoleh pendidikan yang terbaik, banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah pilihan terbaik yang diharapkan dapat memberikan kualitas pelayanan yang baik pula. Salah satu sekolah tersebut adalah SMA III PSKD. Sekolah ini memiliki perbedaan dalam hal materi pendidikan, sistem pengajaran, maupun sistem pembayaran yang ditetapkan. Sehubungan dengan hal ini, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap biaya pendidikan yang diterapkan oleh SMA III PSKD. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan kuesioner kepada seluruh anggota populasi murid di SMA III PSKD pada tanggal 21 Januari 2008. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan uji analisis faktor, dan dilanjutkan dengan perhitungan mean score dan overall mean score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan mean score dan overall mean score untuk atribut tangibles, reliability, responsiveness, dan assurance berada dalam rentang skala yang sama yang menunjukkan penilaian responden terhadap kualitas pelayanan adalah standard. Sedangkan atribut empathy memiliki hasil perhitungan yang cukup tinggi dan berada dalam kategori yang memuaskan menurut responden. |