Kepuasan pelanggan sulit diukur, namun untuk mempermudah pengukurannya maka harus dicari dimensi-dimensinya. Dimensi yang digunakan untuk mengukur serta menciptakan kepuasan pelanggan adalah dimensi Bauran Pemasaran Jasa yang terdiri dari : Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Sumber Daya Manusia, Sarana Fisik dan Proses. Bila dimensi Bauran Pemasaran Jasa yang diberikan melebihi harapan yang diinginkan oleh pelanggan, maka layanan jasa untuk kepuasan pelanggan akan terpenuhi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan terhadap layanan jasa PT ITComm. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak PT ITComm dan menyebarkan kuesioner kepada seratus responden dengan teknik pengambilan NonProbability sampling yaitu convenience sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan diagram kartesius. Hasil yang diperoleh dari 7 variabel yang diteliti, yang paling memuaskan ada 3 variabel, yaitu SDM, Sarana Fisik dan Proses. Bisa dilihat dari persentase yang ada yang menunjukkan 3 variabel tersebut persentasenya paling tinggi. |