Dalam hal menghadapi lingkungan bisnis yang kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Dalam skripsi ini metode pengukuran yang diajukan adalah dengan metode Balanced Scorecard. Balanced Scorecard mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu: perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, perspektif keuangan. Penulis melakukan analisis pada PT Toko Gunung Agung dengan menggunakan data pada tahun 2006 dan 2007 untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk tiga perspektif lainnya dianalisis melalui perhitungan kuisioner yang disebarkan kepada karyawan dan pelanggan PT Toko Gunung Agung. Dari hasil analisis yang telah dilakukan penulis diketahui bahwa kinerja PT Toko Gunung Agung secara keseluruhan sudah cukup baik. Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis adalah bahwa Balanced Scorecard merupakan metode yang terbaik dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan, karena Balanced Scorecard memperhatikan aspek-aspek penting yang terkadang diabaikan oleh pengukuran kinerja secara tradisional. Hasil pengukuran kinerja yang tepat dan akurat adalah sangat penting bagi manajemen seperti dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengambilan keputusan dan pengendalian. Namun penulis juga memberikan saran perbaikan akan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam sistem manajemen perusahaan. Dan diharapkan akan adanya peningkatan kinerja PT Toko Gunung Agung. |