Dunia bisnis merupakan dunia yang sangat kompetitif, penilaian kinerja merupakan faktor penting bagi perusahaan untuk dapat bersaing dengan pesaingnya. Sistem penilaian kinerja yang dilakukan secara akurat dan menyeluruh akan membantu perusahaan dalam mengetahui kinerja perusahaan dengan baik. Adapun metode yang tepat adalah metode Balanced Scorecard (BSC). BSC melakukan pengukuran kinerja perusahaan menggunakan penilaian dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses internal bisnis, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penulis telah melakukan penelitian atas pengukuran kinerja dengan BSC pada PT HERO Supermarket Tbk. Pada pengukuran perspektif keuangan, penulis melakukan analisa data perusahaan pada tahun 2005-2006 dengan menggunakan analisis dupont termasuk rasio ROE, ROI, Profit Margin, dan Asset Turn Over. Pada perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, penulis melakukan analisis dari hasil penyebaran kuesioner. Pada perspektif proses internal bisnis, penulis melakukan analisis dari hasil wawancara dengan pihak manajemen. Secara keseluruhan penulis menyimpulkan bahwa kinerja PT HERO Supermarket Tbk dinilai cukup baik. Hal tersebut diperoleh dari hasil pada keempat perspektif sehingga penulis dapat mengetahui bahwa ada faktor-faktor terkait yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Dengan metode BSC perusahaan dapat mengetahui kelemahan dan keunggulan perusahaan yang dapat membantu manajemen pada proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian, serta dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. |