Target costing merupakan suatu metode penentuan biaya dari suatu produk atau jasa berdasarkan harga jual (target price) yang diterima oleh konsumen. Target costing merupakan suatu alat dalam manajemen biaya yang berfungsi untuk mengurangi biaya secara keseluruhan yang dilakukan pada tahap perencanaan dan perancangan produk dalam menghasilkan suatu produk baru yang sesuai dengan keinginan pasar baik dari segi harga maupun kualitas. Penulis mendapati bahwa perusahaan dapat mencapai target costing dengan melakukan pengurangan biaya produksi sebesar Rp 49.528.524,00. Pengurangan biaya ini dilakukan pada biaya bahan langsung dan biaya produksi tidak langsung, seperti biaya perawatan dan pemeliharaan mesin, biaya produk cacat, dan beban umum dan administrasi. Pengurangan biaya produksi pada perusahaan harus dapat menjamin bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Dengan penerapan target costing, perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya, memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) yang lebih besar, sehingga perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar dan mempertahankan kelangsungan hidup usahanya di masa yang akan datang. |