Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:47 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Audit Manajemen Atas Fungsi Pembelian Bahan Baku, Manajemen Gudang, dan Produksi Pada Industri Manufaktur (Studi Kasus PT Comtech Indotronix Utama)
Bibliografi
Author:
VERONIKA, DEVI
;
Halim, Albertus Yohanes Johan
(Advisor)
Topik:
Audit Manajemen
;
Fungsi Pembelian Bahan Baku
;
Manajemen Gudang
;
Produksi Industri Manufaktur
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Devi Veronika's Undergraduate Theses.pdf
(467.07KB;
85 download
)
Devi Veronika-PENDUKUNG.pdf
(114.13KB;
3 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-3642
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dalam era globalisasi dewasa ini mendorong tiap perusahaan, terutama perusahaan sejenis, untuk beroperasi secara optimal melalui peningkatan produktifitas. Peningkatan produktifitas ini sejalan dengan peningkatan efektifitas dan efisiensi kegiatan perusahaan, dimana salah satunya adalah kegiatan pembelian bahan baku, manajemen gudang, dan produksi. Untuk itu manajemen memerlukan suatu alat, yaitu audit manajemen, untuk menilai efektifitas dan efisiensi operasional perusahaan. Tujuan dari penulisan ini adalah menggunakan audit
manajemen untuk menganalisa proses pembelian bahan baku, manajemen gudang, dan produksi PT Comtech Indotronix Utama. PT Comtech Indotronix Utama (Perusahaan) merupakan Perusahaan
yang bergerak di bidang perakitan komputer dan sound system. Perusahaan ini memproduksi dan memasarkan berbagai komputer dan berbagai jenis
sound system. Sebagai produsen dan distributor komputer dan sound system, Perusahaan langsung memasarkan produknya kepada pelanggan
dan konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan berkualitas. Penelitian dilakukan untuk periode Januari 2008 sampai dengan Agustus 2008. Teknik penelitian yang digunakan adalah riset kepustakaan, questionnaire, dan wawancara kepada pihak perusahaan yang terkait, serta
melakukan pengamatan secara langsung terhadap pelaksanaan proses pembelian bahan baku, manajemen gudang, dan produksi perusahaan yang
dituangkan kedalam kertas kerja pemeriksaan sebagai dasar pembuatan laporan untuk memberikan rekomendasi atas kelemahan pada proses pembelian bahan baku, manajemen gudang, dan produksi perusahaan. Berdasarkan analisa dan evaluasi yang dilakukan terhadap sistem pengendalian intern fungsi pembelian bahan baku, manajemen gudang, dan produksi perusahaan, dapat disimpulkan bahwa Perusahaan telah
mempunyai sistem pengendalian intern, atas fungsi pembelian bahan baku, manajemen gudang, dan produksi, yang baik. Hal ini terlihat dengan adanya
kekuatan-kekuatan dari sistem pengendalian intern yang ada namun selain itu masih ditemukan beberapa kelemahan yang apabila tidak segera
ditindaklanjuti akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Berdasarkan yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa kendala yang dialami Perusahaan pada proses pembelian bahan bakunya adalah karena terbatasnya jumlah dan kemampuan supplier lokal dalam melakukan kontrol terhadap order dari Perusahaan, sehingga mengakibatkan seringnya terjadi keterlambatan pengiriman barang ke Perusahaan, dan menghambat proses produksi.
Melihat dari hasil penjualan perusahaan yang baik, maka penulis menyarankan agar Perusahaan melakukan pertemuan antara Bagian Pembelian dengan supplier secara berkala, paling tidak setiap tiga bulan sekali untuk membahas “Supplier Delivery Performance”, dan selanjutnya
menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk perbaikannya. Selain itu, bagian Pembelian sebaiknya juga mencari perusahaan lokal baru
yang mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai supplier Perusahaan sehingga dapat meningkatkan efisiensi pengadaan Perusahaan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.15625 second(s)