Kunci dari keberhasilan suatu perusahaan berasal dari kinerja dari para karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu Fungsi SDM yang berkompeten untuk mencari dan menghasilkan karyawan yang dapat melaksanakan pekerjaan secara optimal. Maka untuk menghasilkan hal tersebut diatas diperlukan suatu pengendalian internal yang mengawasi dan menilai dari kinerja bagian/ fungsi SDM tersebut. Di dalam hal ini perusahaan tidak hanya saja memfokuskan pada pencapaian target laba yang telah direncanakan, tetapi juga memperhatikan kesejahteraan bagi para karyawannya yang membantu di dalam pencapaian target laba tersebut. Kesejahteraan di dalam hal ini merupakan suatu kesempatan bagi para karyawan untuk dapat mempromosikan jabatannya menuju tingkatan dan atau jabatan yang lebih tinggi dan kesempatan bagi para karyawan untuk dapat meningkatkan karir dan prestasi di perusahaan tersebut. Diharapkan di dalam hal ini perusahaan menghargai hak mereka untuk dapat memperlihatkan prestasi kerjanya dan memberikan penghargaan baik berbentuk bonus dan atau kenaikan jabatan. Oleh karena itu, diperlukan suatu prosedur dan standar optimal terhadap penilaian di dalam mengukur peningkatan prestasi dan atau kerja para karyawan. Di dalam hal ini PT CEN KURIR Indonesia telah memiliki prosedur dan standar optimal yang cukup jelas sehingga memudahkan para penyelia dan atau manager yang bertugas di dalam pelaksanaan penilaian tersebut. Para karyawan yang berada di perusahaan tersebut juga merasa cukup puas terhadap penilaian tersebut karena dapat memudahkan mereka di dalam peningkatan karir yang berdampak pada kenaikan gaji pokok serta kesjahteraan mereka pada umumnya. |