Kepastian dan keyakinan akan integritas yang tertera pada hasil baca alat ukur atau uji coba sangatlah penting dalam menentukan hasil produk yang berkualitas sepanjang proses manufaktur. Hanya melalui proses kalibrasi terhadap alat ukur atau alat uji, keyakinan dan kepastian output produk yang berkualitas dapat diperoleh. Karena pentingnya kalibrasi, maka perusahaan yang bergerak di bidang jasa kalibrasi ini juga harus berkualitas dalam memberikan jasanya. Suatu perusahaan yang berkualitas harus didukung oleh sistem manajemen yang berkualitas dimana mengarah kepada fungsi pelayanan jasa yang efektif dan efisien. Untuk menilai efektifitas dan efisiensi dari fungsi pelayanan jasa kalibrasi ini, manajemen memerlukan audit manajemen. Penelitian dilakukan untuk perode April – Juni 2008. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, kuesioner, dan observasi. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan internal control questionnaire dan compliance test serta analisa dan evaluasi atas data dan informasi yang diperoleh. Berdasarkan analisa dan evaluasi, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa fungsi pelayanan jasa kalibrasi perusahaan cukup efektif dan efisien, seperti terpenuhinya sebagian besar persyaratan manajemen dan persyaratan teknis sesuai dengan IS O 17025, prosedur pembelian telah dilaksanakan dengan baik. Namun masih terdapat kelemahan-kelemahan yang perlu diperhatikan lebih lanjut seperti tidak dilaksanakannya prosedur pelaksanaan revisi sertifikat dan prosedur pada pembuatan Bon Pesanan, ketidakefisienan pengiriman oleh Courier. |