Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:02 WIB
Detail
BukuMotivasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SD Kristen Ketapang I Jakarta Pusat
Bibliografi
Author: OKTALINTANG, ROBERTY SWASTOPO ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor); Nugraheni, Yacinta Asih (Advisor)
Topik: Motivasi Belajar; Mata Pelajaran IPS; Siswa SD Kelas 3
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-88
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan salah satu realita yang terlihat dalam menilai motivasi belajar yang dimiliki oleh para siswa. Motivasi Belajar adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan, dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Prestasi belajar yang tinggi merupakan suatu kebutuhan yang diharapkan siswa untuk dipenuhinya. Dengan demikian motivasi belajar yang dimiliki siswa akan dapat memacu semangatnya dalam upaya mencapai prestasi belajar yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas 3 terhadap pelajaran IPS. Penelitian ini mengunakan metode peneliti deskriptif – kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert (skala1-3). Dengan Subjek penelitian adalah adalah siswa-siswi kelas 3B SD Kristen Ketapang I Jakarta Pusat. Jumlah peserta didik 29 (14 laki-laki dan 15 perempuan). Pengambilan data dilakukan pada semester 2 pada tanggal 23 Maret tahun ajaran 2008-2009.
Karakteristik siswa usia SD adalah senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, serta senang merasakan.melakukan sesuatu secara langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas 3 memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi terhadap mata pelajaran IPS. Hal tersebut dapat dilihat dari tidak adanya siswa kelas 3 yang yang tergolong memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah dan sangat rendah pada mata pelajaran IPS. Hal itu dipertegas pula dari hasil persentasi komponen motivasi intrinsik yang baik terhadap mata pelajaran IPS, yang dapat dilihat dari persentase siswa kelas 3 yang menjawab selalu sebesar 41%. Serta dapat dilihat juga dari komponen unsur motivasi ekstrinsik yang tinggi dengan persentase sebesar 52% terhadap siswa yang menjawab selalu dan merupakan urutan tertinggi terhadap komponen motivasi ekstrinsik.
Namun ada kalanya peserta didik belum menyadari pentingnya bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga perlu diberi motivasi. Guru bertanggung jawab supaya pembelajaran berhasil dengan baik. Oleh karena itu guru berkewajiban membangkitkan motivasi ekstrinsik pada peserta didiknya. Jadi dalam proses pembelajaran motivasi intrinsik sangat diperlukan dan motivasi ekstrinsik harus dibangkitkan atau ditingkatkan sehingga mengarah pada timbulnya self motivation. Dengan demikian, siswa lebih terpacu atau terdorong untuk lebih semangat dan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)