Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:50 WIB
Detail
BukuAnalisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Berdasarkan Balanced Scorecard dan Penyusunan Strategy Map pada PT Konverta Mitra Abadi
Bibliografi
Author: SUDARIO, YULIANA ; Petronila, Thio Anastasia (Advisor)
Topik: Kinerja; Balanced Scorecard; Perspektif Keuangan; Perspektif Pelanggan; Perspektif Proses Bisnis Internal; Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan; Strategy Map
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yuliana Sudario's Undergraduate Theses.pdf (789.38KB; 92 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-3543
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pengukuran kinerja perusahaan diperlukan untuk mengetahui keadaan kemajuan/perkembangan, kondisi keuangan, dan hasil operasi yang telah
dicapai. Dalam era informasi, pengelolaan aktiva tidak berwujud, seperti kualitas produk dan jasa, keahlian dan motivasi karyawan, loyalitas dan
kepuasan pelanggan, proses internal yang responsif dan dapat diprediksi menjadi lebih penting dibandingkan dengan pengelolaan aktiva berwujud. Namun, aktiva tidak berwujud sulit dihitung nilai keuangannya, sehingga
diperlukan alat pengukuran kinerja yang komprehensif yang dapat menggambarkan aspek keuangan dan aspek nonkeuangan perusahaan,
yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu sistem manajemen, pengukuran, dan pengendalian yang secara cepat, tepat, dan
komprehensif dapat memberikan pemahaman kepada manajer tentang pengukuran kinerja bisnis dengan menggunakan empat perspektif, yaitu
perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Melalui mekanisme sebab akibat, perspektif keuangan menjadi tolak ukur utama yang dijelaskan oleh
tolak ukur operasional pada tiga perspektif lainnya yang berfungsi sebagai driver. Hasil analisis kinerja perusahaan berdasarkan Balanced Scorecard, pemberian layanan purna jual yang memuaskan. Proses bisnis internal tersebut telah ditunjang dengan adanya infrastruktur yang memadai di mana
karyawan memiliki kapabilitas yang baik, sistem informasi yang dilengkapi dengan teknologi terbaru, dan iklim bekerja yang kondusif yang mampu memotivasi karyawan dan mengutamakan kinerja kelompok/tim yang baik. PT KMA perlu meningkatkan kinerja perusahaan berdasarkan
perspektif keuangan agar mencapai standar ROI yang telah ditetapkan dengan memperluas daerah pemasaran, diferensiasi produk dan melakukan
penghematan biaya produksi dan beban operasional. Selain itu, PT KMA perlu terus berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan dengan melakukan survei secara berkala, meningkatkan efisiensi
dan efektivitas proses bisnis internal sehingga dapat bertahan dan meningkatkan pangsa pasar, serta dapat mewujudkan visi dan misi yang
telah ditetapkan. Pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard perlu dilakukan secara berkelanjutan dan disertai
dengan dukungan dan komitmen dari seluruh lapisan karyawan dan manajemen yang terlibat agar visi dan misi PT KMA dapat tercapai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)