Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan beberapa aspek baik dalam satu mata pelajaran maupun antar bidang studi dengan menggunakan tema-tema tertentu sebagai pemersatu yang memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa. Tema kegiatan sehari-hari digunakan sebagai pengikat keterpaduan antara mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran yang lain guna membentuk satu kesatuan yang relevan dengan tema yang digunakan. Oleh karena itu siswa dapat mengeksplorasi peristiwa atau konsep dari mata pelajaran yang saling terkait dalam waktu yang bersamaan.Hasil belajar merupakan kemampuan siswa yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses belajar. Melalui tema kegiatan sehari-hari siswa mempunyai pengalaman yang bermakna singga siswa lebih tertarik, hasil belajar meningkat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian Tindakan Kelas ini diadakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran terpadu yang dapat meningkatkan hasil belajar tema kehidupan sehari-hari kelas II SD. Subyek penelitian adalah siswa kelas II C SD Ricci I Jakarta dengan jumlah siswa 32 anak yang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan, dan guru sebagai peneliti serta dibantu oleh satu guru sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus satu kali pertemuan. |