ADC (Atma Jaya Debating Club) merupakan salah satu UKM( organisasi kemahasiswaan) bidang penalaran yang berbasis debat dengan menggunakan bahasa inggris. Sebagai klub debat program kerja utama ADC adalah mengikuti kompetisi – kompetisi debat tingkat nasional dan internasional, anggota UKM ADC berasal dari Fakultas – fakultas yang ada di UNIKA Atma Jaya, berdasarkan hasil wawancara dengan pengurus ADC walaupun prestasi ADC cukup baik, dalam arti kata selalu berhasil membawa piala di setiap kompetisi yang diikuti, ada kendala utama yang menghambat pertumbuhan klub debat ini yakni implementasi program kerja yang belum dapat berjalan dengan baik dikarenakan oleh beberapa hal seperti kurangnya Sumber Daya, fasilitas, sarana dan prasarana dan mekanisme pelaksanaan program yang belum tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah lateral marketing, dimana metode ini dapat mencari alternatif – alternatif atau peluang pemasaran inovatif, dibantu dengan menggunakan metode riset pemasaran dapat diidentifikasi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan dan kelangsungan hidup Atma Jaya Debating Club. Dan hasil pengolahan data dengan menggunakan lateral marketing didapatkan ide – ide pemasaran yang inovatif seperti ide membuat buku panduan sistem pelatihan debat untuk membantu pelatih untuk dapat mempunyai mekanisme yang jelas dalam menyampaikan bahan bahan pelatihan. Berdasarkan hasil analisa maka diketahui bahwa strategi yang dapat diusulkan bagi UKM ADC adalah lebih difokuskan pada upaya pemanfaatan kekuatan dan peluang seperti perbaikan kualitas pelayanan disemua divisi ADC tetapi lebih difokusakan ke divisi pelatihan. Strategi tersebut bisa dikembangkan dengan ide – ide lateral marketing yang telah dirancang pada pengolahan data. Dalam penelitian ini penulis mengusulkan untuk memprioritaskan ide hasil metode lateral marketing pada level bauran pemasaran selain pasar dan produk(harga, distribusi, promosi dan komunikasi) karena sifatnya taktis dan berorientasi jangka pendek, seperti pembuatan buku panduan pelatihan, pengaturan jadwal kegiatan dan jadwal latihan serta wadah kritik saran direct ke pengurus ataupun email. |