Agar dapat bersaing di dalam pasar industri karton gelombang, perusahaan dituntut untuk dapat membuat produk yang berkualitas. Kegiatan menciptakan produk berkuatitas tidak tertepas dan biaya-biaya, seperti biaya pengendalian dan biaya yang timbul akibat buruknya kualitas. Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah bagaimana mengetahui besar biaya dan setiap elemen kegiatan kualitas dan mengevaluasi kegiatan kuahtas. Untuk mengetahui besar biaya dan setiap elemen kegiatan kualitas, diperlukan suatu pelaporan kegiatan kualitas. Biaya kualitas yang dilaporkan mi digunakan oleh bagian pengendalian kualitas dalarn memahami seluruh faktor biaya yang dikeluarkan perusahaan. Karena untuk meningkatkan kualitas tidak harus rnernbutuhkan biaya yang tinggi melainkan proses yang iebih efisien dan efektif. Berdasarkan laporan biaya kualitas, dengan menggunakan penjualan Januari 2007 sebagai dasar pembanding maka rata-rata proporsi biaya kualitas terhadap penjualan adalah sebesar 12.47%. Dan jumlah tersebut sekitar 66% berasal dan biaya kegagalan internal, 1% biaya kegagalan eksternal, 29% biaya pencegahan, dan 4% biaya penilaian. Dan hasil pengamatan kegiatan kualitas dapat disimpulkan bahwa kegiatan kualitas yang ddakukan perusahaan secara keseluruhan masih belum memberikan dampak signifikan terhadap penekanan biaya kegagalan. |