Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan brand image produk pelumas Mobil 1 terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi yang ingin diteliti adalah konsumen yang pernah mengetahui, memakai dan membeli minyak pelumas Mobil 1. Sedangkan sampel penelitian penulis menyebar 100 buah kuesioner dimana kuesioner ini disebar melalui toko-toko, bengkel-bengkel mobil dan dealer-dealer resmi yang memiliki bengkel sendiri di jakarta serta kepada rekan penulis Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan survey deskriptif analitik dan hasilnya adalah: (1) Terdapat Pengaruh Promosi (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Koefisien korelasi untuk hubungan kedua variabel ini adalah sebesar 0,792, yang berarti terdapat pengaruh yang kuat. Diperoleh pula thitung 12,822 > ttabel 2,660, maka H0 ditolak yang berarti variabel promosi secara positif mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. (2)Terdapat Pengaruh Brand image terhadap Keputusan pembelian. Koefisien korelasi untuk hubungan kedua variabel ini adalah sebesar 0,659, yang berarti terdapat pengaruh yang kuat. Diperoleh pula thitung 8,677 > ttabel 2,660, maka H0 ditolak yang berarti variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (3) Terdapat Pengaruh Positif Promosi dan brand image secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian . Perhitungan korelasi ganda antara variabel X1 dan variabel X2 dengan variabel Y menghasilkan koefisien korelasi sebesar R = 0,792. Uji F, diperoleh F hitung sebesar 81,598 lebih besar dari F tabel 4,82. Karena F hitung lebih tinggi dari F tabel, maka hipotesis ini teruji kebenarannya. Adapun saran yang dapat diberikan sebagai masukan adalah 1) Promosi terus ditingkatkan, baik dari segi jenis promosi yang digunakan, waktu pelaksanaan promosi dan tempat pelaksanaan promosi. 2) perlu diciptakan brand image yang positif dan yang memiliki keunggulan yang akan memberikan nilai tambah bagi konsumen, dan mengalokasikan biaya untuk pembentukan citra merek (brand image). |