Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:23 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Program Acara "Salah Sambung" Radio 98.7 Gen FM Berdasarkan Persepsi Pendengarnya
Bibliografi
Author:
HENRILE, RADITYA RIZKY
;
Cahayani, Ati
(Advisor)
Topik:
Program Acara Siaran Radio
;
Persepsi Pendengar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2009
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Raditya Rizky Henrile's Undergraduated Theses.pdf
(3.21MB;
65 download
)
Raditya Rizky Henrile-PENDUKUNG.pdf
(1.51MB;
3 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1551
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kegiatan komunikasi sudah menjadi sebagian besar kegiatan kita sehari-hari, mulai antar teman atau pribadi, kelompok, organisasi atau massa. Kegiatan komunikasi pada dasarnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Secara sederhana, kegiatan komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide dari satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide. Radio, lebih tepatnya radio siaran (broadcasting radio), merupakan salah satu jenis media massa (mass media). Maksudnya sebagai sarana atau saluran komunikasi massa. Ciri khasnya adalah auditif, yaitu dapat dikonsumsi oleh pendengaran. Radio mampu mencipta gambaran dalam imajinasi para pendengarnya dengan kekuatan kata dan suara. Siaran radio merupakan seni memainkan imajinasi pendengar melalui kata dan suara. Pendengar hanya bisa membayangkan dalam imajinasinya apa yang dikemukakan oleh sang penyiar. Penyajian acara yang dianggap unggul dan dapat menarik perhatian serta penciptaan hubungan baik dengan para pendengarnya merupakan salah satu cara untuk memikat dan mempertahankan pendengarnya. Cara-cara yang dibuat tersebut dapat dilihat lebih luas sebagai bagian dari strategi. Strategi yang dibuat pada akhirnya dirumuskan ke dalam suatu tindakan dan diterapkan secara nyata untuk dapat memenangkan persaingan dalam industri radio. Dan salah satu radio yang juga menghadapi persaingan dengan menerapkan strategi komunikasi adalah radio 98.7 GEN FM. Radio 98.7 GEN FM ini menerapkan berbagai strategi komunikasi untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Salah satu bentuk strategi komunikasi yang diterapkan oleh radio GEN FM adalah melalui penyajian program-program siaran yang menarik dan dapat meninggalkan kesan di benak para pendengarnya, baik itu untuk program acara on air maupun untuk program acara off air-nya. Salah satu bentuk strategi komunikasi yang kemudian diterapkan oleh radio 98.7 GEN FM untuk program acara on air-nya adalah melalui penyajian program acara “Salah Sambung”. Acara “Salah Sambung” ini sendiri merupakan bagian dari program acara siaran “Semangat Pagi” yang dipandu oleh Kemal dan Ade sebagai penyiar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi pendengar terhadap program acara “Salah Sambung” radio 98.7 Gen FM. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan, yaitu dengan melakukan diskusi kelompok terfokus terhadap delapan orang yang merupakan pendengar radio 98.7 GEN FM, serta wawancara terstruktur maupun tidak terstruktur dengan Marketing Public Relations radio 98.7 GEN FM sebagai metode dalam verifikasi keabsahan data yang telah diberikan oleh para pendengar yang telah diambil datanya. Penelitian ini penulis lakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan teknik sampling purposive. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis rangkaian (the analysis continuum), hal ini berarti data yang penulis peroleh dari diskusi kelompok terfokus akan penulis analisa dengan mencoba menginterpretasikan makna dari pernyataan, komentar, maupun jawaban yang diberikan oleh peserta diskusi Dari analisis mengenai data-data yang telah diperoleh dari informan dan verivikasi dengan pihak radio 98.7 GEN FM melalui PR Marketing-nya, diperoleh gambaran bahwa antara teori-teori yang penulis kemukakan di Bab II mengenai strategi komunikasi, program acara radio siaran dan persepsi pendengar memiliki sinergi ataupun hubungan yang cenderung berbanding lurus. Dan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa program acara “Salah Sambung” ini masih belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh pihak radio 98.7 Gen FM, karena pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar terkadang cenderung tidak sampai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi komunikasi radio 98.7 GEN FM melalui program acara “Salah Sambung” adalah bahwa persepsi pendengar cenderung ke arah negatif, karena program acara “Salah Sambung” ini yang kurang dikembangkan atau acara yang dari awal pembuatannya hingga saat ini begitu-begitu saja membuat pendengar cenderung merasa jenuh terhadap acara tersebut. Untuk itu perlu dilakukan perubahan atau inovasi dan kreatifitas dalam segi kemasan acara “Salah Sambung ini sendiri agar acara tersebut benar-benar dapat memberikan efek positif keseluruh pendengarnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.25 second(s)