Anda belum login :: 27 Nov 2024 13:49 WIB
Detail
BukuPemantauan Efektivitas Proses Komunikasi Internal Organisasi di City Life Chiropractic Berdasarkan Aspek Kepemimpinan, Motivasi, dan Pengambilan Keputusan
Bibliografi
Author: CHRISTINA, SUSAN ; Widiasari, Natalia (Advisor)
Topik: Proses Komunikasi Internal Organisasi; Kepemimpinan; Motivasi; Pengambilan Keputusan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1529
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Salah satu interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari ditandai dengan proses komunikasi. Perusahaan juga memerlukan interaksi diantara anggota-anggotanya untuk menyampaikan informasi. Proses komunikasi tersebut memiliki aspek-aspek dalam pelaksanaannya, yaitu sender, receiver, media komunikasi, isi pesan, dan umpan balik.
Aspek komunikasi tersebut mempengaruhi proses pelaksanaan kepemimpinan, motivasi, dan pengambilan keputusan dalam organisasi perusahaan. Salah satu proses komunikasi terlaksana saat atasan menyampaikan motivasi dan suatu hasil keputusan/kebijakan kepada karyawan. Begitu pun sebaliknya, karyawan menyampaikan umpan balik untuk semua informasi yang disampaikan oleh atasan. Proses komunikasi juga terlaksana diantara para karyawan di perusahaan.
Pelaksanaan proses komunikasi di perusahaan harus berjalan dengan efektif. Keefektifan proses komunikasi tersebut dapat dinilai dengan melakukan audit komunikasi. Audit komunikasi itu akan membantu perusahaan untuk melaksanakan proses komunikasi dengan lebih baik ke masa yang akan datang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memantau dan mengetahui proses komunikasi efektif dalam pengaruh aspek kepemimpinan, motivasi, dan pengambilan keputusan di perusahaan.
Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi lapangan ditempuh dengan cara wawancara tidak terstruktur, yaitu dengan CEO City Life Chiropractic, Secretary Executive, Finance/HRD Manager, dua orang Finance Staff, dan Director of Medical/Technical. Pemantauan penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 24 karyawan. Sedangkan observasi dilakukan pada kegiatan rutinitas karyawan di klinik. Peneliti menggunakan metode deskriptif dimana fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki disampaikan secara deskripsi atau gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah conversation analysis, analisa tabel frekuensi dan constant comparison.
Analisis data menyimpulkan gaya kepemimpinan atasan di City Life Chiropractic mempengaruhi perilaku dan tindakan atasan dalam melaksanakan tugas kepemimpinan kepada karyawan. Sesama anggota organisasi selalu memberikan motivasi positif agar sama-sama memiliki kinerja yang lebih baik. Atasan pun memberikan kesempatan untuk berpartisipasi untuk memberikan ide yang berkenaan dengan masalah pengambilan keputusan. Semua aspek (kepemimpinan, motivasi, dan pengambilan keputusan) dilaksanakan dalam suatu proses komunikasi. Proses komunikasi akan mengantarkan informasi yang berupa gaya kepemimpinan seorang atasan saat melaksanakan tugas kepemimpinan, motivasi antara anggota organisasi, dan proses pengambilan keputusan di perusahaan.

Berdasarkan kriteria efektivitas komunikasi menurut A.G. Lunandi, maka proses komunikasi di City Life Chiropractic dinyatakan efektif. Pedoman SOP perusahaan membantu anggota organisasi untuk bekerja serempak sehingga mereka memiliki pemahaman yang seragam. Atasan juga menciptakan suasana santai dan hubungan relasi yang baik sehingga informasi yang disampaikan tidak kaku dan lebih mudah tercerna.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)