Globalisasi menyebabkan Indonesia memiliki keterikatan dengan dunia luar. Salah satu bentuk keterikatan tersebut adalah keterlibatan Indonesia dalam organisasi internasional PBB. Sebagai salah satu negara anggota PBB, Indonesia turut serta dalam menyepakati program Millennium Development Goal (MDGs). Untuk itu tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pencapaian tujuan MDGs, khususnya tujuan kedua program MDGs yang membahas tentang pendidikan, yang telah dilakukan oleh Indonesia berdasarkan kebijakan publik RI. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif. Subyek penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah Indonesia. Sedangkan obyek penelitian skripsi ini adalah program MDGs. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan jenis data sekunder dengan studi literatur sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan adalah teknis analisis kualitatif, dan hasil analisis berupa asumsi penulis mengenai pencapaian MDGs yang dilakukan oleh Indonesia. Pembangunan pendidikan di Indonesia masih memiliki berbagai macam permasalahan, namun pemerintah telah mencanangkan berbagai bentuk kebijakan yang mengarah kepada perbaikan. Kebijakan-kebijakan ini telah membantu meningkatkan angka partisipasi murni siswa bersekolah. Globalisasi telah membuat Indonesia berkomitmen untuk mencapai program MDGs. Dalam mencapai tujuan kedua program MDGs, pemerintah Indonesia membuat kebijakan melalui UU No. 20 tahun 2003. Berdasarkan data-data yang diperoleh, dimana terjadi trend peningkatan Angka Partisipasi Murni (APM), maka Indonesia diasumsikan akan mencapai tujuan kedua program MDGs pada tahun 2015, yaitu menjamin pada tahun 2015, semua anak, di manapun, laki-laki maupun perempuan, dapat menyelesaikan pendidikan dasar |