Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:15 WIB
Detail
BukuAnalisis Kebijakan Strategi Ekspor PT.Cisadane Raya Chemicals dalam Industri Turunan Minyak Kelapa Sawit di Pasar Global
Bibliografi
Author: THEJA, LISIANNI PRATIWI ; Paulinus Prasetyo Nurhardjanto (Advisor)
Topik: Analisis Kebijakan Strategi; Turunan Minyak Kelapa Sawit; Oleokimia.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1510
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Globalisasi dapat mendorong integrasi internasional sehingga dapat meningkatkan peluang yang tersedia bagi suatu perusahaan. PT.Cisadane Raya Chemicals (PT.CRC) sebagai salah satu produsen turunan minyak kelapa sawit dalam hal ini yaitu oleokimia telah mengekspor produknya ke berbagai negara. Oleokimia adalah bahan baku industri yang diperoleh dari minyak/lemak nabati maupun hewani, termasuk di antaranya adalah minyak sawit dan minyak inti sawit. PT.CRC telah mengekspor produknya di seluruh dunia, dan pangsa terbesarnya adalah China dengan persentase permintaan sekitar 40% dari seluruh produksi PT.CRC untuk pasar global. Penelitian ini bertujuan agar penulis mengetahui seluk beluk ekspor oleokimia dan kebijakan strategi ekspor yang diterapkan perusahaan serta peluang dan tantangan yang dihadapi dalam industri ini di pasar global. Penelitian ini dilakukan dengan cara riset kepustakaan dan penelitian lapangan ke PT.CRC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer didapatkan melalui wawancara langsung dengan Direktur dan Sales Manager PT.CRC dan observasi ke perusahaan, sedangkan data sekunder yang merupakan data tertulis, kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk-bentuk analisis secara kualitatif, seperti analisis lingkungan umum (ekonomi, politik, geografis, teknologi dan budaya), dan lingkungan industri perusahaan (lima kekuatan bersaing dari Porter). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi yang diterapkan oleh PT.CRC adalah strategi kepemimpinan biaya,
dimana harga yang diberikan sangat bersaing dan kalau bisa rendah daripada pesaing, hal ini dimungkinkan karena Indonesia memiliki keunggulan komparatif. Strategi lainnya yaitu strategi fokus, perusahaan membuat target atas tipe produk tertentu untuk produk yang ramah lingkungan untuk pasar tertentu. Serta strategi dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan terbukti dengan adanya sejumlah tanda/sertifikat seperti ISO 9001, ISO 9002, Kosher1, dan MUI2. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan berbagai masukan yang berarti bagi semua pihak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)