Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:31 WIB
Detail
BukuPenerapan Pembelajaran Portofolio dalam pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SD Pangudi Luhur
Bibliografi
Author: SAMINO, FRANCINE AVANTI ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pembelajaran dengan Portofolio; Pelajaran IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-80
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan atau hasil karya milik siswa dan catatan mengenai perkembangan siswa dalam suatu pelajaran yang disimpan secara baik dan teratur. Informasi yang akurat tentang hasil belajar, minat dan
kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui evaluasi yang efektif. Penilaian yang biasa digunakan dalam sistem pendidikan kita adalah melalui deskripsi kuantitatif, yaitu tes (tertulis). Penelitian ini melihat perkembangan hasil belajar
siswa melalui tugas dan penjelasan yang aktif dimana siswa juga ikut serta di dalam proses pembelajaran. IPS adalah penyerderhanaan ilmu-ilmu sosial yang mengkaji seperangkat
peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan masalah-masalah
sosial dan kewarganegaraan. Oleh sebab itu, saat guru melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa pada pelajaran tersebut. Salah satu proses pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan portofolio. Hal ini dikarenakan pembelajaran dengan
menggunakan portofolio dapat membuat siswa tidak cepat bosan saat mengikuti proses pembelajaran di kelas dan siswa tidak hanya lagi sebagai pendengar tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan
portofolio dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Pangudi Luhur Jakarta. Jenis penelitian pada laporan ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan portofolio dikelas pada pelajaran IPS dapat menciptakan suasana kelas yang menarik sehingga siswa tidak
cepat merasa bosan, pembelajaran dengan portofolio dapat meningkatkan minat dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran akan berdampak pada hasil evaluasi yang diperoleh masing-masing siswa, pembelajaran dengan melibatkan siswa dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran, dan pemberian tugas sederhana secara berkala kepada siswa dapat meningkatkan kemampuan dan
pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
Setelah penelitian ini dilaksanakan, disarankan agar pada saat guru menyampaikan materi seperti pada pelajaran IPS dapat menggunakan proses
pembelajaran yang meningkatkan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas dari awal hingga pelajaran berakhir
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)