Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan atau hasil karya milik siswa dan catatan mengenai perkembangan siswa dalam suatu pelajaran yang disimpan secara baik dan teratur. Informasi yang akurat tentang hasil belajar, minat dan kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui evaluasi yang efektif. Penilaian yang biasa digunakan dalam sistem pendidikan kita adalah melalui deskripsi kuantitatif, yaitu tes (tertulis). Penelitian ini melihat perkembangan hasil belajar siswa melalui tugas dan penjelasan yang aktif dimana siswa juga ikut serta di dalam proses pembelajaran. IPS adalah penyerderhanaan ilmu-ilmu sosial yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial dan kewarganegaraan. Oleh sebab itu, saat guru melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan minat siswa pada pelajaran tersebut. Salah satu proses pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan portofolio. Hal ini dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan portofolio dapat membuat siswa tidak cepat bosan saat mengikuti proses pembelajaran di kelas dan siswa tidak hanya lagi sebagai pendengar tetapi juga terlibat aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan portofolio dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Pangudi Luhur Jakarta. Jenis penelitian pada laporan ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan portofolio dikelas pada pelajaran IPS dapat menciptakan suasana kelas yang menarik sehingga siswa tidak cepat merasa bosan, pembelajaran dengan portofolio dapat meningkatkan minat dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, peningkatan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran akan berdampak pada hasil evaluasi yang diperoleh masing-masing siswa, pembelajaran dengan melibatkan siswa dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran, dan pemberian tugas sederhana secara berkala kepada siswa dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Setelah penelitian ini dilaksanakan, disarankan agar pada saat guru menyampaikan materi seperti pada pelajaran IPS dapat menggunakan proses pembelajaran yang meningkatkan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas dari awal hingga pelajaran berakhir |