Anda belum login :: 23 Nov 2024 13:58 WIB
Detail
BukuModel Kepuasan Kerja pada Karyawan Usaha Skala Kecil (Jurnal Psikologi, Vol.21 No.1 Maret 2008)
Bibliografi
Author: Riyanti, B.P. Dwi
Topik: Kepuasan Kerja; Work Satisfaction; Relation in Organization; Learning Organization; Inovation Organizational; Small Business Scale; Relasi dalam Organisasi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran     Tempat Terbit: Bandung    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: Model Kepuasan Kerja pada Karyawan Usaha Skala Kecil.pdf (899.05KB; 134 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: RR-2858
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan kelompok usaha skala kecil. Faktor-faktor tersebut adalah relasi dalam organisasi, organisasi pembelajaran, dan inovasi organisasi. Relasi dalam organisasi terdiri dari tiga indikator yaitu relasi dengan rekan kerja, relasi dengan atasan, dan karisma atasan (Scott, 1994). Organisasi pembelajaran terdiri dari lima indikator yaitu dinamika belajar, pembaruan organisasi, pemberdayaan individu, mengelola pengetahuan, dan penerapan teknologi (Marquart, 1996). Inovasi organisasi terdiri dari tujuh indikator yaitu strategi organisasi, struktur organisasi, sistem organisasi, style pimpinan organisasi, shared value organisasi, skill karyawan organisasi, dan staff organisasi. Sementara itu, kepuasan kerja karyawan dilihat dari dimensi faktor intrinsik pekerjaan, gaji dan penyeliaan (Munandar, 1991). Data analisis melibatkan 460 karyawan yang bekerja di 161 usaha-usaha kecil yang berdomisili di Jakarta. Dari analisis struktural diperoleh hasil bahwa:
(1) relasi dalam organisasi memberi dampak yang bermakna pada inovasi organisasi
(2) organisasi pembelajaran memberi dampak yang bermakna pada inovasi organisasi
(3) relasi dalam organisasi memberi dampak tidak langsung yang bermakna pada kepuasan kerja melalui inovasi organisasi
(4) organisasi pembelajaran memberi dampak tidak langsung yang bermakna pada kepuasan kerja melalui inovasi organisasi
(5) inovasi organisasi memberi dampak langsung dan bermakna pada kepuasan kerja karyawan
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)