Call center adalah salah satu bagian dalam sebuah perusahaan yang bertugas untuk melayani customer melalui media akses telepon. Call center banyak ditemui pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang jasa adalah PT. Infomedia Nusantara. Jasa yang diberikan adalah pelayanan dari agen call center, salah satunya agen call center 147. Tugas dari agen call center adalah menangani segala kebutuhan customer yang berhubungan dengan produk yang dijual oleh perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan hubungan positif dengan pelanggan. Untuk dapat melayani customer, agen call center diharapkan memiliki beberapa kemampuan, seperti kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja sama dengan orang lain, dapat menyesuaikan diri, memiliki daya tahan kerja yang baik, inisiatif, serta memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Selain itu, seorang agen call center sebaiknya memiliki kemampuan untuk dapat mendengarkan secara akurat dan memahami pikiran, perasaan, serta perhatian orang lain dan juga memiliki keinginan untuk melayani orang lain agar kebutuhannya dapat terpenuhi. Segala kemampuan tersebut merupakan bagian dari kemampuan interpersonal. Kemampuan interpersonal akan menunjang agen call center untuk bekerja dengan baik. Orang yang bekerja dengan baik, akan menunjukkan perilaku produktif. Perilaku produktif adalah ciri orang yang berintegritas. Orang berintegritas biasanya cenderung akan melakukan tindakan dengan hati-hati, mengedepankan kebaikan bersama, menciptakan budaya kepercayaan, dan bertanggung jawab. Walaupun upaya untuk perilaku yang berintegritas sudah ada, namun masih diperoleh keluhan dari customer. Terkadang didapatkan informasi dari customer bahwa agen call center terkadang menunjukkan sikap yang bertentangan dengan harapan perusahaan. Agen call center terkadang lama bahkan menunda untuk melayani customer. Selain itu, agen call center juga terkadang menunjukkan sikap kurang peduli dan tidak mendengarkan masalah yang disampaikan oleh customer. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan interpersonal dengan overt integrity. Dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi kemampuan interpersonal, maka semakin tinggi pula overt integrity yang dimiliki oleh agen call center 147 |