Pada saat ini, hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia, baik yang berada di daerah maupun di perkotaan sudah memiliki telepon seluler. Melihat perkembangan komunikasi dan teknologi yang semakin maju ini, maka kesempatan untuk berbisnis di bidang tersebut digunakan sebaik-baiknya oleh para pemasar untuk saling bersaing dalam memperluas pasarnya, yaitu dengan cara mempromosikan keunggulan dari merek operatornya. Perang operator seluler yang ramai digelar ini dinamakan perang gimmicks antar merek-merek operator seluler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perang gimmicks antar merek operator seluler terhadap keputusan pembelian dan bagaimana hubungan antar keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian eksploratif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh perang gimmicks antar merek-merek operator seluler terhadap keputusan pembelian digunakan teknik analisis regresi berganda, sedangkan untuk mengetahui hubungan keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen digunakan teknik analisis Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (price) memiliki pengaruh yang paling utama dalam keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil analisis regresi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perang gimmicks antar merek-merek operator seluler dengan keputusan pembelian. Sedangkan dalam analisis korelasi, terdapat hubungan positif dan signifikan antara keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen. Namun, hubungan tersebut lemah karena meskipun responden memilih suatu merek operator tertentu misalnya berdasarkan harga tarif yang murah, belum tentu ia akan merasa puas dan memiliki perhatian yang lebih sedikit kepada merek pesaing. |