Anda belum login :: 27 Nov 2024 02:12 WIB
Detail
BukuHubungan Kualitas Kehidupan Kerja dengan Keterampilan Mengelola Kelas Guru Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta
Bibliografi
Author: SUJARWO, MARKUS ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Topik: Kualitas Kehidupan Kerja; Keterampilan Mengelola Kelas
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-75
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendidikan berkualitas mensyaratkan guru yang memiliki kualitas kerja yang tinggi. Kualitas kehidupan kerja guru adalah derajat pengalaman seseorang dalam melakukan pekerjaannya untuk memenuhi kebutuhan dan pencapaian kesejahteraan hidupnya baik secara fisik maupun psikologis berdasarkan security (keamanan), equity (kewajaran), individuation (pengembangan diri), dan democracy (demokrasi). Kualitas kehidupan kerja guru tercermin dalam penyelenggaraan pembelajaran yang memerlukan keterampilan mengelola kelas. Keterampilan mengelola kelas adalah kecakapan dan kecekatan guru dalam
merencanakan dan melaksanakan serangkaian tindakan dalam upaya menciptakan kondisi kelas dan mengembalikan kondisi kelas dari gangguan, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan. Kualitas kehidupan kerja guru mendukung keterampilannya dalam mengelola kelas selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas kehidupan kerja dengan keterampilan mengelola kelas guru SD Pangudi Luhur Jakarta.
Subjek penelitian sebanyak 30 guru SD Pangudi Luhur Jakarta yang terdiri dari 18 guru perempuan dan 12 guru laki-laki, dengan usia antara 22 – 57 tahun dan masa kerja antara 1–34 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif-korelatif, yaitu mencari hubungan antara dua variabel yaitu kualitas kehidupan kerja guru dengan keterampilan mengelola kelas. Instrumen penelitian berupa skala penilaian, yaitu skala penilaian kualitas kehidupan kerja dan skala penilaian keterampilan mengelola kelas. Skala penilaian ini memiliki lima alternatif pilihan respon, yaitu SL (selalu), SR (sering), KD (kadang-kadang), S (sesekali), dan TP (tidak pernah). Skala penilaian kualitas kehidupan kerja terdiri dari 23 pernyataan yang valid dari 32 pernyataan yang diujicoba, dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,914. Skala penilaian keterampilan mengelola kelas
terdiri dari 35 pernyataan yang valid dari 60 pernyataan yang diujicoba, dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,951. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa sebagian besar (77%) guru SD Pangudi luhur memiliki kualitas kehidupan kerja yang tinggi dan keterampilan mengelola kelas yang baik. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang positif (0,531) antara kualitas kehidupan kerja dengan keterampilan
mengelola kelas guru SD Pangudi Luhur Jakarta. Komponen modifikasi perilaku yang merupakan keterampilan mengelola kelas yang bersifat kuratif menjadi komponen pendukung yang terbesar dalam hubungan kedua variabel tersebut.
Hasil penelitian ini diharapkan memberi masukan kepada guru untuk mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja dan
keterampilan mengelola kelas. Penelitian ini diharapkan memberi masukan kepada Kepala sekolah SD Pangudi Luhur dan Yayasan Pangudi luhur dalam memfasilitasi dan mengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas
kehidupan kerja dan keterampilan mengelola kelas guru yang di bawah tanggung jawabnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.4375 second(s)