Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:17 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Ricci II Bintaro
Bibliografi
Author: ISMADI, IGNATIUS TONO ; Widjaja, Anny E. L. (Advisor)
Topik: Penggunaan Media Power Point; Hasil Belajar IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-72
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penggunaan Media Power Point adalah menggunakan program aplikasi presentasi dari Microsoft Power Point sebagai media dalam proses pembelajaran IPS. Hasil Belajar IPS adalah kemampuan perolehan peserta didik sebagai hasil
dari proses belajar IPS. Penggunaan Media Power Point dan Hasil Belajar IPS adalah menggunakan program aplikasi presentasi dari Mocrosoft Power Point sebagai media dalam proses pembelajaran IPS dengan tujuan untuk meningkatkan
ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPS sehingga kemampuan perolehan peserta didik sebagai hasil dari proses belajar IPS pun akan meningkat. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Katolik Ricci II Bintaro tahun ajaran 2008/2009, yang terdiri dari 17 siswa laki – laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang
biasa disebut Classroom Action Research, yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian dilaksanakan melalui tiga siklus tindakan. Siklus I pembelajaran dilaksanakan dengan media gambar, siklus II dengan media power point dan siklus III dengan media power point yang dipadu dengan gambar – gambar yang sesuai dengan materi dan menarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti bila guru melaksanakan pembelajaran dengan media gambar, masih terdapat 15 % siswa yang tidak tuntas belajar, dan rerata hasil belajar 78 %. Ini disebabkan karena pembelajaran kurang menarik, cenderung membosankan sehingga siswa cenderung pasif dan kurang semangat. Dengan media power point siswa yang tidak tuntas belajar mengalami penurunan yaitu 6 % dan rerata hasil
belajar 84 % pada siklus II dan 88 % pada siklus III. Ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media power point, siswa aktif dan
bersemangat karena pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga hasil belajar pun meningkat. Hal ini membuktikan bahwa dengan
menggunakan media power point dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS dikemukakan beberapa saran. Untuk Kepala Sekolah agar memperhatikan, mengembangkan dan
memberikan pelatihan keterampilan pemilihan dan penggunaan media dalam pembelajaran IPS. Untuk Yayasan agar menyediakan sarana prasarana yang
memadai. Untuk Guru agar selalu menggunakan media yang tepat dan menarik dalam pembelajaran IPS. Untuk peneliti lain yang berminat melakukan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar IPS dengan sudut pandang yang berbeda.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)