Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:18 WIB
Detail
BukuKemampuan menulis karangan Narasi dengan Gambar Seri melalui Cooperative Learning Jigsaw pada siswa Kelas II SD Santa Ursula BSD
Bibliografi
Author: SUKIYEM, CHRISTINA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Menulis Karangan Narasi; Gambar Seri. Cooperative Learning Jigsaw
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Cristina Sukiyem's Undergraduate Theses.pdf (1.01MB; 4 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-68
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pelajaran Bahasa Indonesia merupakami pelajaran yang sangal. penting di sekolah dasar. Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang harus dimiliki
siswa. Salah salu kegiatan dalam menulis adalah menulis karangan narasi dengan gambar seri. Menulis karangan narasi adalah menuliskan bentuk wacana yang berusaha mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah—olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu. Gamar seri adalah serangkaian gambar
yang melukiskan suatu kejadian atau peristiwa secara berurutan. Penggunaan gambar seri harapkan dapat membant siswa dalam menulis karangan narasi. Dua unsur penting dalam karangan narasi yaitu tindakan dan rangkaian wakiu. Dengan rangkaian gambar yang telah berurutan, swa lebih mudahmencertakan
kejadian serta urutan waktunya. Cooperative Learning .Jigsaw merupakan pembelajaran yang menekankan pada kerja kelompok. Dengan metode ini. siswa bertindak sebagai subjek didik
dan guru hanya sebagai täsilitator. Dalam penerapan Cooperative Learning Jigsaw, siswa lehih banyak bekerja dalam kelompok. Bahan ajar yang dipelajari oteh siswa dalam menulis karangan narasi merupakan kompetensi yang sesuai
dengan kurikulum yang sedang berlaku, yaitu kurikulum KTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan gambar seri melalui Cooperative Learning Jigsaw pada siswa kelas 11 SD Santa Ursula BSD. Rencana penelitian yang akan ditakukan peneliti adalah penelitian tindakan kelas dengan dua sikius. Penilaian yang diberikan kepada siswa, yaitu berupa tes menulis karangan narasi secara individual. Berdasarkan hasi analisis pada tes awal dan tes akhir, terjadi peningkatan
rata—rata kelas dan 72,46 menjadi 84,4.Menulis karangan narasi dapat dilakukan dengan menggunakan gambar seri. Dengan menggunakan gambar seri , siswa menjadi terbantu dalam menulis karangannya secara runtut. Melalui
Cooperative Learning Jigxaw, siswa mengikuti dan terlihat secara akiif dalam kegiatan kerja kelompok.
Berdasarkan hasih penelitian, maka disarankan kepada Siswa sekolah dasar agar mampu menulis karangan narasi dengan mcii menggunakan gambar seri. Saran yang kedua ditujukan kepada para guru agar mengembangkan pembelajaran
sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menetapkan Cooorporative Learning Jigsaw. Saran untuk sekolah, diharapkan batiwa kemampuanmenulis
karangan narasi akan memnbantu siswa mempelajari pengetahuan lain. Dengan
dernikian, anak akan lebih mudah mengikuti pelajaran pada kelas selanjutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.3125 second(s)