Anda belum login :: 23 Nov 2024 10:01 WIB
Detail
BukuPenyesuaian Sosial Siswa Kelas VII SMP Katolik Ricci II
Bibliografi
Author: STEFANY ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Topik: Penyesuaian Sosial
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Stefany's Undergraduate Theses.pdf (306.23KB; 176 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-355
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Manusia sebagai makhluk sosial berinteraksi dengan orang lain karena manusia memiliki kemampuan dan keterampilan menyesuaikan din dengan lingkungannya. Penyesuaian sosial adalah kemauan dan kemampuan mematuhi norma-norma dan peraturan-peraturan sosial demi hubungan yang harmonis antar individu dan antara individu dengan lingkungan. Bagi setiap individu penyesuaian sosial bertujuan: (a) mendapatkan keterampilan-keterampilan hidup bermasyarakat; (b) memiliki kemampuan berkomunikasi efektif; (c) mendapatkan kemampuan mengadaptasi nilai-nilai dan norma-norma yang ada pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan menelaah penyesuaian sosial siswa kelas VII SMP Katolik Ricci II. Variabel yang diukur adalah penyesuaian sosial. Kelompok ujicoba berjumlah 34 siswa dan subjek penelitian berjumlah 63 siswa. Penelitian mi bersifat deskriptif dengan menggunakan instrumen skala penilaian yang mempunyai lima alternatif jawaban. Semula disediakan 60 pernyataan. Setelah diujicoba tersisa 38 pernyataan valid yang mempunyai tingkat reliabilitas sebesar 0.91. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa kelas VII SMP Katolik Ricci II memiliki kemampuan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan atau tugasnya. Siswa yang memilih kategori selalu berjumlah 10% dan siswa yang memilih kategori seringkali berjumlah 32%. Sebagian siswa kelas VII SMP Katolik Ricci II mampu menghindari pertikaian dengan orang lain. Siswa yang memilih kategori selalu berjumlah 19% dan siswa yang memilih kategori seringkali berjumlah 37%. Sebagian besar siswa kelas Vii SMP Katolik Ricci II memiliki kualitas hubungan yang baik dengan orang lain. Siswa yang memilih kategori selalu berjumlah 26% dan yang memilih kategori seringkali berjumlah 34%. Sebagian besar siswa kelas VII SMP Katolik Ricci II memiliki perasaan yang positif dan kepuasan din terhadap apa yang dialami maupun apa yang dikerjakan. Siswa yang memilih kategori selalu berjumlah 52% dan siswa yang memilih kategoni seningkali berjumlah 27%. Siswa yang memiliki tingkat penyesuaian sosial tinggi berjumlah 36 orang (57%), 27 orang (43%) memiliki tingkat penyesuaian sosial sedang, dan tidak ada siswa yang memiliki tingkat penyesuaian sosial rendah. Peneliti berharap guru Bimbingan dan Konseling SMP Katolik Ricci II dapat mengembangkan kemampuan penyesuaian sosial siswa dengan cara menggiatkan metode kelompok belajar agar siswa dapat berinteraksi satu sama lain dan memiliki kepekaan akan kebutuhan orang lain dalam proses belajar sehingga siswa dapat memenuhi tuntutan pekerjaan atau tugasnya di sekolah, membimbing siswa agar memiliki kepekaan dan perasaan sosial melalui benbagai kegiatan sosial sehingga siswa memiliki bekal untuk masa depan, melakukan pendekatan intensifkepada siswa yang sering mengalami pertikaian dengan orang lain sehingga guru dapat mengetahui penyebab terjadinya pertikaian dan menemukan solusi bagi siswa untuk menghadapi pertikahan tersebut. Peneliti berharap para dosen pembimbing akademik dan pembimbing skripsi dapat membimbing mahasiswa agar mahasiswa dapat memiliki kepekaan sosial. Kepekaan sosial dapat diperoleh meialui interaksi individual antara dosen pembimbing akademik dan pembimbing sknipsi dengan mahasiswa sehingga mahasiswa mempunyai tanggungjawab moral. Peneliti berharap penelitian mi dapat membenikan masukan kepada mahasiswa agar mahasiswa sebagai calon konselor dapat memiliki self esteem, kepekaan diri, dan perasaan sosial yang terjalin selama proses perkuliahan
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)