Persaingan yang semakin ketat pada era globalisasi seperti sekarang ini tidak hanya akan memunculkan perusahaan lokal saja, tetapi juga akan memunculkan perusahaan dari negara lain. Perusahaan lokal mau tidak mau akan berhadapan dengan perusahaan multinasional yang berasal dari negara lain, namun berfokus secara multidomestik. Perusahaan lokal dituntut untuk bersaing dengan perusahaan multinasional yang pada dasarnya cenderung memiliki modal yang besar dan pengalaman panjang pada pasar lokal. Akan tetapi, perusahaan lokal tidak akan selalu kalah bersaing dengan perusahaan multinasional sebab perusahaan lokal cenderung memiliki pemahaman mendalam mengenai kondisi dan keadaan lokal. Dalam penelitian ini persaingan yang terjadi di antara kedua perusahaan tersebut adalah dalam hal merek produk antara Rinso yang dikeluarkan oleh perusahaan multinasional (PT. Unilever Indonesia Tbk) dan So Klin yang dikeluarkan oleh perusahaan lokal (PT. Wings). Kedua perusahaan tersebut harus menciptakan produk terbaik mereka dan berusaha untuk menanamkan citra merek (brand image) yang kuat dan positif agar perusahaan dapat meningkatkan jumlah pelanggan mereka dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Citra yang tertanam kuat di dalam benak konsumen juga sangat berperan penting karena akan dapat membuat merek produknya dipilih konsumen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah merek produk yang dikeluarkan oleh perusahaan multinasional memiliki brand image yang lebih tinggi dibandingkan dengan merek produk yang dikeluarkan oleh perusahaan lokal atau justru sebaliknya. Selain itu juga akan melihat faktor-faktor yang menyebabkan konsumen memberikan brand image yang lebih tinggi pada salah satu merek produk dari kedua perusahaan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kepada 50 responden yang merupakan ibu-ibu rumah tangga di wilayah Kebon Kacang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa brand image dari kedua merek produk yang dikeluarkan oleh kedua perusahaan tersebut adalah positif. Tetapi, brand image yang lebih tinggi adalah brand image dari merek produk (Rinso) yang dikeluarkan perusahaan multinasional, PT. Unilever Indonesia Tbk. Adapun faktor-faktor yang menunjukkan skor brand image yang lebih tinggi adalah faktor-faktor seperti, kelas produk, pengguna, orientasi terhadap mayarakat, inovasi serta keberadaan dan keberhasilan. |