Lebih dari 100 pusat perbelanjaan sekelas mall bertebaran di Jakarta dengan akses yang mudah dan menyediakan fasilitas one stop shopping. Pada umumnya konsumen datang ke mall bukan hanya sekedar untuk berbelanja tetapi juga mencari tempat hiburan. Tujuan dari manajemen mall adalah untuk menarik pengunjung, mendorong mereka berbelanja dan membuat mereka ingin datang kembali. Gajah Mada Plaza merupakan mall kedua tertua di Jakarta yang terletak di jantung kota Jakarta. Untuk menghadapi persaingan yang ketat Gajah Mada Plaza berupaya menerapkan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa jauh efektifitas strategi promosi yang dilakukan Gajah Mada Plaza dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik analisis yang dipakai adalah menggunakan metode atau konsep AIDA. Kegiatan promosi yang dipakai oleh Gajah Mada Plaza adalah lewat periklanan, menciptakan suasana yang nyaman di area Gajah Mada Plaza dan membuat event acara yang bagus dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Gajah Mada Plaza berdasarkan konsep AIDA efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Peneliti menyarankan agar Gajah Mada Plaza memperbanyak dan meningkatkan kualitas event acara yang diadakan di Gajah Mada Plaza. |