Di Indonesia saat ini sudah banyak berdiri sekolah untuk memenuhi kesempatan anak usia sekolah memperoleh pendidikan, terutama mereka yang mengalami hambatan untuk membayar biaya sekolah. Salah satu sekolah yang berdiri dengan tujuan tersebut adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Falah Ciputat, Tangerang. MI Al Falah sudah mendapatkan banyak prestasi. Namun ternyata peran dan dukungan guru terhadap siswa di sekolah tidak diimbangi dengan keterlibatan orang tua di rumah, terkait dengan pembelajaran siswa di sekolah. Melihat situasi tersebut, maka peneliti ingin melihat gambaran keterlibatan orang tua serta hambatan orang tua untuk terlibat dalam proses belajar anaknya di rumah dalam pencapaian prestasi belajar anak. Mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan orang tua tidak dapat terlibat dalam proses belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 8 pasang subjek, dimana masing-masing subjek terdiri dari ayah dan ibu dari siswasiswi MI Al Falah Ciputat. Alat ukur yang digunakan adalah panduan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan analisis antar kasus. Sedangkan aspek-aspek keterlibatan orang tua yang dilihat dalam penelitian ini adalah aspek mengawasi kegiatan belajar anak di rumah, aspek mengawasi kegiatan anak sehari-hari, aspek memperluas pengalaman anak, dan aspek mengetahui kehidupan anak di sekolah. Peneliti juga mencari informasi mengenai hambatan yang mungkin dialami orang tua untuk terlibat dalam proses belajar anak di rumah. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar subjek penelitian terlibat dalam proses belajar anak di rumah. Beberapa hambatan yang mereka alami antara lain berkurangnya waktu, tenaga, dan konsentrasi karena bekerja, kurangnya pemahaman terhadap materi pelajaran anak sehingga terhambat ketika berdiskusi pelajaran dengan anak, dan adanya kebingungan pada orang tua dalam menghadapi dan memberikan perlakuan yang tepat bagi anaknya. Penelitian juga menemukan beberapa pendapat, kritik, dan saran dari orang tua untuk sekolah, termasuk mengenai biaya sekolah yang dirasakan terlalu mahal. Kemudian ditemukan juga bahwa ternyata keterbukaan anak terhadap orang tua dan kerjasama antara ayah dan ibu sebagai orang tua adalah penting dan memiliki pengaruh terhadap kemudahan orang tua untuk terlibat dalam proses belajar anak di rumah |