Anda belum login :: 27 Nov 2024 13:09 WIB
Detail
BukuHubungan antara Kualitas Kehidupan Kerja dengan Stres Kerja pada Karyawan Unit Pelayanan Nasabah di Bank X Cabang Jakarta Pusat
Bibliografi
Author: REGITAPUTRI, PRATITA ; Kembaren, Esther Muliana (Advisor)
Topik: Kualitas Kehidupan; Stres Kerja; Pelayanan Nasabah Bank
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Pratita Regita Putri's Undergraduate Theses.pdf (328.37KB; 92 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1344
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Bagian atau unit bank yang bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan keluhan yang dihadapi nasabah; unit ini biasanya disebut unit pelayanan nasabah. Dengan adanya peran penting yang dipegang karyawan unit pelayanan nasabah, maka akan menimbulkan beban kerja dan tanggung jawab yang besar, yang dapat berkembang menjadi stres kerja. Untuk stres kerja rendah, diperlukan tingkat kualitas kehidupan kerja yang tinggi,yang dapat dilihat dari sepuluh faktor yang mempengaruhinya. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini ingin dilihat faktor apa aja dari kualitas kehidupan kerja yang berhubungan dengan stres kerja. Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakah ada hubungan negatif antara kualitas kehidupan kerja dengan stres kerja pada karyawan unit pelayanan nasabah. Penelitian ini bersifat non-eksperimental. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur kualitas kerja dan stres kerja. Sedangkan penelitian ini merupakan penelitian payung dari berbagai profesi pekerjaan termasuk karyawan unit pelayanan nasabah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan skala kualitas kehidupan kerja yang terdiri atas 10 faktor, yakni : kompensasi, lingkungan fisik, variasi pekerjaan, rasa aman, pertumbuhan dan perkembangan, supervisi, partisipasi, integrasi sosial, relevansi sosial pekerjaan, dan keseimbangan kehidupan kerja dengan kehidupan di luar kerja. Serta skala stres kerja yang terbagi atas gejala fisik, psikologis, dan perilaku. Karakteristik populasi pada penelitian ini adalah karyawan unit pelayanan nasabah sebuah bank swasta cabang Jakarta Pusat. Pelaksanaan penelitian lapangan diberikan kepada 35 subyek. Melalui hasil penelitian ini diketahui bahwa ke sepuluh faktor didalam kualitas kehidupan secara umum memiliki hubungan dengan stres kerja dan secara keseluruhan memiliki korelasi tinggi dan hubungan arah negatif yang signifikan. Diharapkan penelitian ini dapat membantu perkembangan ilmu psikologi yang berhubungan dengan kualitas kehidupan kerja di Bank lainnya di Jakarta. Bagi karyawan unit pelayanan nasabah, penelitian ini dapat meningkatkan performa dan menjadi masukan mengenai stres kerja.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)