Pada tahun 2007 DJP bekerjasama dengan konsultan X melakukan survey opini pegawai sebagai salah satu langkah untuk melakukan evaluasi terhadap perubahan organisasi di tubuh DJP. Tujuan dilakukan survei opini pegawai adalah untuk mengumpulkan sejumlah informasi penting terkait pendapat, kritik dan saran dari pegawai DJP tentang kondisi yang terjadi di organisasi kerja mereka pasca modernisasi organisasi. Manfaat dari dilaksanakannya survei ini adalah untuk mendapatkan informasi komprehensif dari pegawai mengenai berbagai kondisi di tubuh DJP sebagai acuan bagi pembuat kebijakan dalam merumuskan langkah-langkah yang strategis terkait dengan reformasi birokrasi yang sudah dijalankan. Dalam penelitian kali ini peneliti melakukan analisa terhadap hasil survey opini pegawai DJP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran opini terhadap kondisi kerja yang dihadapi oleh pegawai DJP dalam menghadapi modernisasi organisasi. Opini pegawai diukur dengan sebuah kuesioner yang mengukur persepsi pegawai terhadap harapan kondisi kerja dan persepsi karyawan terhadap kenyataan kerja. Dari skor kesenjangan antra persepsi harapan dan kenyataan dapat diketahui tingkat kepuasan karyawan terhadap kondisi organisasi pasca perubahan organisasi di tubuh DJP. Secara umum tingkat kepuasan pegawai DJP berada di kategori tinggi. Akan tetapi terdapat beberapa aspek kondisi kerja yang menurut pegawai harus dibenahi. Beberapa aspek yang dituntut pegawai untuk dibenahi berhubungan dengan sistem remunerasi dan pengelolaan SDM. |