Anda belum login :: 24 Nov 2024 02:16 WIB
Detail
BukuUsulan Perancangan Ulang Lampu Utama Sepeda Motor Menggunakan Metode TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving)
Bibliografi
Author: ANDRIAN, JANUARIUS ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Ergonomi; TRIZ; Lampu Utama Sepeda Motor
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2009    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-454
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dengan melihat dari Data Kecelakaan Lalu Lintas Selama 5 (Lima) Tahun (2002–2006) dapat dilihat faktor-faktor penyebab kecelakaan yaitu faktor pengemudi dengan golongan SIM C (kendaraan bermotor roda dua) yang disebabkan juga oleh faktor penyebab kecelakaan (berdasarkan kendaraan) dengan faktor penyebab kecelakaan (berdasarkan jalan/lingkungan). Untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi pengemudi harus ditunjang penerangan ke jalan yang baik untuk meningkatkan daya tangkap dan penglihatan, maka dapat diketahui akan pentingnya penggunaan dari lampu utama (head lamp), dimana dalam berkendara untuk menghindari terjadinya kecelakaan pengendara harus mempunyai pikiran yang tenang dan reflek yang bagus. Perancangan ulang yang akan dilakukan pada lampu utama berdasarkan hasil dari metode TRIZ, Dimana tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah identifikasi kebutuhan pengguna kendaraan bermotor roda dua terhadap lampu utama, mengembangkan konsep lampu utama pada kendaraan bermotor roda dua yang sesuai kebutuhan konsumen dengan menggunakan metode TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving), membuat rancangan dan biaya komponen dengan melakukan perwujudan konsep. Dari ke-39 parameter yang ada dalam metode TRIZ maka tujuan dari sistem ini dapat diterjemahkan menjadi 2 parameter yaitu : (13) stability of object (stabilitas dari objek) dan (5) area of moving object (wilayah dari objek yang bergerak). Parameter 13 (stability of object) ini mewakili fungsi tujuan untuk menjaga kestabilan bohlam pada posisinya dipusat rumah lampu agar cahaya tetap fokus, oleh karena itu parameter stabilitas dari objek ini harus dikembangkan, akan tetapi apabila kita ingin menjaga stabilitas dalam proses pencahayaan akan muncul kebutuhan akan bentuk statis yang tidak berubah. Terdapat dua konsep alternatif yaitu konsep A dan B dimana memiliki prinsip kerja yang serupa yaitu mengembalikan posisi hasil cahaya tetap fokus ditengah dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari hasil penelitian dalam tugas akhir ini diperoleh kesimpulan yaitu 1) dibutuhkannya lampu utama yang memiliki kemampuan menyinari permukaan ruas jalan di depan kendaraannya dalam pencahayaan yang maksimal terutama saat berbelok atau menikung
sehingga menigkatkan daya tangkap atau reflek dari pengendara itu sendiri, 2) dengan metode
TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving) didapatkan kebutuhan fisik yaitu bagaimana cara
menstabilkan posisi bohlam tanpa menyebabkan bohlam tidak bisa digerakkan/statis (Physical
contradiction), 3) didapatkan struktur sistem dari konsep Produk B yang memudahkan dalam
melakukan perakitan
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)