Salah satu jenis travel yang semakin marak berkembang saat ini adalah jenis sistem ontime shuttle karena dianggap lebih cepat, murah, dan praktis. Pelayanan yang dilakukan tiap perusahaan travel tersebut pada dasarnya hampir sama yaitu pelanggan membeli tiket pada agen terdekat, lalu menunggu paling lama satu jam, kemudian berangkat. Masalah yang timbul adalah tiket tidak dapat di-booking dahulu sebelum berangkat. Tidak ada kepastian tersedianya tiket pada jam berangkat yang diinginkan pelanggan mengakibatkan pelanggan harus rela menunggu untuk jam berikutnya. Oleh karena itu, dibuatlah sistem reservasi online untuk mempermudah pelanggan membeli tiket, selain itu juga untuk memastikan jadwal keberangkatan pelanggan supaya pelanggan tidak perlu menunggu. Dalam sistem ini, pemesanan tiket dilakukan sendiri oleh pelanggan dari rumah atau tempat mereka berada. Hasil pengujian adalah melakukan pemesanan tiket secara online dan pengolahan data operasional sesuai prosedur awal. |