Anda belum login :: 27 Nov 2024 13:18 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perancangan Ssistem Operasional Bus Damri Dengan Menggunakan Metode Stated Preference (Studi Kasus : Bus Damri Jakarta)
Bibliografi
Author:
KIERNADI, ROBBY RIEDIV
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor)
Topik:
Stated Preference
;
Model Pemilihan Moda
;
Transportasi
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2009
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Robby's 1 Undergraduate Thesis.pdf
(2.02MB;
23 download
)
Robby Riediv Kiernadi-PENDUKUNG.pdf
(111.02KB;
4 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FTI-430
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Rute Jakarta-Bandung merupakan rute yang sangat ramai dan sangat potensial untuk dikembangkan mengingat Bus Damri belum membuat trayek untuk rute tersebut. Kota Jakarta dan Kota Bandung merupakan dua buah kota yang sangat ramai dikunjungi oleh orang banyak dan merupakan pusat perdagangan. Oleh Karena perlu ditetapkan dan dirancang sebuah sistem operasional yang baik untuk Bus Damri agar dapat besaing dengan moda-moda transportasi yang telah ada sebelumnya untuk rute Jakarta-Bandung. Sistem operasional tersebut adalah dari segi ongkos, keterlambatan waktu, lama perjalanan dan jumlah perjalanan dalam sehari. Metode Stated Preference digunakan untuk mengetahui respon penumpang terhadap desain operasional yang ditawarkan. Dengan mengetahui preferensi penumpang, maka dapat dirumuskan model pemilihan moda sebagai acuan desain operasional mana yang terpilih, dan dapat diketahui besarnya probabilias pemilihan moda transportasi. Penetapan kebijakan sistem operasional bus Damri harus dapat mengakomodasi keinginan penumpang dan tetap memperhatikan kepentingan perusahaan. Pada penelitian ini didapatkan desain operasional yang terbaik yaitu sistem operasional dengan ongkos sebesar Rp 50.000, tepat waktu, lama perjalanan selama 2.5 jam dan jumlah perjalanan dalam sehari adalah sebanyak 15 kali dalam sehari. Diketahui pula jumlah bus yang harus disediakan oleh pihak Damri adalah sebanyak 8 buah bus dengan pembagian 4 bus di Jakarta dan 4 bus di Bandung. Waktu operasional bus Damri trayek Jakarta-Bandung adalah dari pukul 06.00 – 20.00 WIB.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.390625 second(s)