Seiring dengan semakin besarnya tuntutan akan informasi, jumlah stasiun televisi semakin bertambah, bahkan ada stasiun televisi yang memfokuskan dan pada bidang tertentu, seperti berita, musik, dan lain-lain. Informasi yang disuguhkan olch masing-masing stasiun telcvisi kurang lebih sama, lalu apa yang menyebabkan pemirsa merniliki stasiun televisi favorit? Dan apakah yang mempengaruhi kepuasan pemirsa televisi? Oleh sebab itu penlu diketahui apakah pelayanan yang diberikan oleh stasiun-stasiun TV tersebut telah memenuhi keinginan dan harapan dan para pemirsanya. Sejauh manakah tingkat kepuasan yang didapat oleh para pemirsanya pada saat ini. Kepuasan akan tercipta jika pelayanan yang diterima oleh konsumen dirasakan atau dipersepsikan sama atau lebih baik dan apa yang mereka inginkan (ekspektasi). Hal tersebut memiliki arti bahwa jika penyedia jasa ingin memberikan kepuasan pada konsumennya maka ia harus mengetahui standar ekspektasi konsumennya tersebut dan kemudian menetapkan kebijakan untuk meningkatkan performansi layanannya. Ada lima dimensi yang dianggap memiliki pengaruh dalam kualitas jasa, yaitu reliability, tangibles, responsiveness, assurance, dan empathy. Penclitian ml dilakukan unluk rncngelahui faktor-Iäktor apa saja yangmempenganuhi tingkat kepuasan pemirsa acara berita di televisi, dengan melihat tingkat ekspektasi dan persepsi konsumen terhadap Iayanan pihak stasiun TV, mengidentifikasi variabel-variabel dan dimensi kualitas layanan yang harus segeradiperbaiki, mengetahui prioritas perbaikan atribut dan dirnensi kualitas pelayanan, serta mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen sebagai dasar bagi pihak stasiun TV untuk membuat dan menerapkan kebijakan selanjutnya. Penelitian mi menggunakan instrurnen ukun survei dengan alat ukur berupa kuesioner, yang berisi 24 pernyataan yang mengukur kelima dimensi kualitas jasa. Obyek penelitian difokuskan pada tiga stasiun televisi, yaitu RCTI, sebagai stasiun televisi swasta pertama, METRO TV, sebagai stasiun televisi yang mengkhususkan din dalam penyajian informasi, dan SCTV, sebagai penerima penghargaan untuk kategori acara berita terfavorit. Sampel yang digunakan berjumlah 30 responden, dengan rentang usia dan remaja akhir hingga dewasa, dan tingkat pendidikan responden minimalSLTP atau yang sederajat. Ketigapuluh responden dipilih secara incidental sampling, dan semuanya berasal dan Jakarta. Dan penelitian yang dilakukan didapat bahwa tuntutan untuk setiap stasiun televisi berbeda, khususnya untuk METRO TV, harapan yang dituntut masyarakat lebih tinggi pada Metro dibanding dengan kedua stasiun televisi lain. Juga ditemukan bahwa dimensi reliability sangatlah penting dalam menonton acara berita. Disusul dengan dimensi tangibles, responsiveness, baru kemudian dimensi assurance, dan empathy. Hal inilah yang perlu dipehatikan oleh pengelola stasiun televisi. |