PT Gopek Cipta Utama adalah perusahaan yang bergerak di industri minuman herbal, yaitu teh. Persaingan di industri minuman herbal, khususnya teh semakin ketat, banyak perusahaan-perusahaan sejenis yang menawarkan produk minuman teh dengan aneka varian. Untuk dapat menghadapi persaingan di pasar Indonesia maka PT Gopek Cipta Utama harus mampu mempertahankan kepercayaan pelanggan, karena itu kebijakan pemasaran yang baik sangat dibutuhkan. Pada penelitian tugas akhir ini, dilakukan segmenting, targeting dan positioning untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat dengan sebelumnya melakukan segmentasi pasar, mengevaluasi target pasar sudah tepat atau belum. Metode yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah pengujian crosstabs, k-means cluster, Correspondence Analysis, Grafik Tingkat Performansi Kebutuhan terhadap Tingkat Kepentingan Kebutuhan menurut konsumen dan Analisis SWOT untuk merancang strategi pemasaran guna memperkuat posisi pasar. Dari hasil analisis pengolahan data diketahui bahwa segmentasi dilakukan berdasarkan identitas responden, perilaku responden dan manfaat yang didapatkan responden. Dari hasil segmentasi dapat diketahui karakteristik konsumen teh Gopek yang menjadi target pasar yang dituju, dan hasil menunjukkan bahwa target pasar yang dituju oleh perusahaan sudah sesuai dengan hasil segmentasi yang dilakukan. Kemudian dilakukan evaluasi positioning yang menunjukkan hasil bahwa posisi teh Gopek saat ini belum sesuai dengan target pasar yang dituju sehingga menyebabkan kesalahan posisi pasar. Untuk mengatasi hal-hal tersebut maka dibuatlah usulan strategi pemasaran untuk memperkuat posisi teh Gopek yang meliputi diferensiasi produk, harga, promosi, tempat/distribusi; mendayagunakan keunggulan dan mengurangi kelemahan (dengan menggunakan analisis SWOT) |