Anda belum login :: 24 Nov 2024 02:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan Motivasi Intrinsik Pada Anak Yang Bersekolah Di Sekolah Formal Dengan Anak Yang Mengikuti Program Home School
Bibliografi
Author:
Adhiputro, Pramudyo
;
Pandia, Weny Savitry S.
(Advisor)
Topik:
Motivasi Intrinsik
;
Home School
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2007
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
FP-1296.pdf
(2.56MB;
4 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FP-1296
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertolak dan pemkiran bahwa faktor situasional di sekolah rnempunyai pengaruh terhadap motivasi intrinsik siswa, dan munculnya fenomena home school yang mulai marak di Indonesia. Dalam program home school siswa tidak terikat pada kurikulum, waktu serta tern pat belajar. Mereka bebas menentukan sendiri kurikulum yang ingin mereka pelajari sesuai dengan minat dan bakatnya masing-rnasing. Orang tua merupakan guru yang utama dalam sistem pendidikan ini, dengan demikian maka ikatan yang terbentuk antara orang tua dan anak akan Iebih erat, dengan cara mi siswa akan Iebih merasa nyaman dalam belajar karena mereka belajar dalam Iingkungan yang telah dikenal dekat. Mereka dapat belajar di rumah atau di rnana saja, kapan saja mereka mau dengan cara yang mereka anggap menyenangkan. Tujuan utamanya adalah membuat siswa menyenangi proses belajar, sehingga mereka tidak merasa bosan atau tersiksa walaupun belajar sepanjang hasil. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental dengan teknik accidental sampling. Sempel yang digunakan adalah kelompok anak yang mengikuti program home school di Morning Star Academy (MSA) dan kelompok anak yang bersekolah di SMP Theresia dan SMP Tarakanita, serta SMA Canisius dan SMA Theresia Jakarta Pusat. Dalam penelitian mi subyek yang dipilih adalah anak-anak yang berusia antara 13-18 tahun balk yang bersekolah di sekolah formal maupun yang memilih untuk mengikuti program home school. Kepada subyek tersebut dilakukan tes motivasi intrinsik dengan menggunakan kuesioner terstruktur yang diadaptasi dan Academic intrinsic Motivation Inventory yang dikembangkan oleh Shia (2001). Kuesioner ini terdiri atas 19 item yang mewakili dimensi-dimensi motivasi intninsik akademis menurut Shia, yaitu mastery goal/orientation dan need for achievement. Hasil penelitian yang diperoleh rnenunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi intrinsik kelompok anak yang mengikuti program home school dengan motivasi intrinsik kelompok anak yang bensekolah di sekolah formal. Dan hasil penelitian diketahul bahwa kelompok anak yang mengikuti program home school mempunyai median skor motivasi intrinsik yang Iebih tinggi dibandingkan dengan kelompok anak yang bersekolah di sekolah formal.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)