Banyaknya Fitness Centre yang ada di Jakarta, telah menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi. Untuk dapat memenangkan persaingan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka Clark Hatch yang berlokasi di Wisma Metropolitan II, Jakarta Selatan perlu mengetahui bagaimana tanggapan konsumen, karena dengan mengetahui tanggapan konsumen Clark Hatch dapat mengetahui loyalitas konsumen. Dengan mengetahui loyalitas konsumen perusahaan dapat mempertahankan kualitas jasanya, supaya tidak kehilangan konsumen. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tanggapan responden tentang kualitas jasa di Clark Hatch, dan untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas konsumen terhadap Clark Hatch, serta untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa Clark Hatch terhadap loyalitas konsumen. Untuk mengetahui apakah konsumen loyal, maka penulis melakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 75 orang anggota Clark Hatch pada bulan juni 2007 yang dipilih dengan sample non probabilita yaitu dengan menggunakan convenience sampling. Adapun variabel yang dianalisis adalah variabel kualitas jasa menggunakan SERVQUEL MODEL yaitu produk jasa, penyampaian jasa, dan lingkungan jasa. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap kualitas jasa Clark Hatch baik dan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas. Dari ketiga variabel tersebut, variabel kualitas jasa dinilai baik oleh responden dan secara bersama-sama ketiga variabel tersebut mempengaruhi loyalitas konsumen. Selain itu hasil yang diperoleh adalah hanya variabel penyampaian jasa yang berpengaruh terhadap loyalitas. Sedangkan dua variabel lainnya yaitu variabel produk jasa dan lingkungan jasa tidak berpengaruh terhadap loyalitas. |