Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:03 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Kemampuan Bermusik dengan Kemampuan Matematika pada Anak SD (Penelitian pada Murid Kursus Piano Sekolah Musik ABS)
Bibliografi
Author: KSATRIO, BUDHI ; Pandia, Weny Savitry S. (Advisor); Tunjungsari, Laurentia Harini (Advisor)
Topik: Kemampuan Bermusik dengan Kemampuan Matematika; Anak SD (Penelitian pada Murid Kursus Piano Sekolah Musik ABS) Bermusik; Matematika; Piano
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Budhi Ksatrio's Undergraduate Theses.pdf (247.42KB; 53 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1270
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan apakah terdapat hubungan antara kemampuan bermusik dengan kemampuan matematika pada murid SD. Peneliti membuat dua alat ukur yang masing-masing digunakan untuk mengukur kemampuan bermusik dan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental karena subyek tidak diberi perlakuan khusus. Subjek diambil dari siswa SD kelas V sekolah ABS yang mengikuti kursus musik di sekolah musik ABS dan berada pada tingkat Piano 1 serta memiliki rentang usia 8-10 tahun. Hasil perhitungan statistik menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yag signifikan antara kemampuan bermusik dengan kemampuan matematika murid SD yaitu sebesar 0,552. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menggugah penelitian lanjutan yang membahas musik dengan kaitannya dengan bidang studi sekolah, khususnya matematika. Penelitian ini memiliki kelemahan dalam kontrol terhadap variabel sekunder lain yaitu kursus matematika yang diikuti subjek, pendidikan musik dalam keluarga, serta subjek yang terbatas pada sebuah sekolah musik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)