Anda belum login :: 27 Nov 2024 22:55 WIB
Detail
BukuGambaran Persepsi Konsumen Terhadap Tagline Iklan Dan Positioning Produk (Studi Kasus Tagline "Tanya Kenapa?" dan Rokok A Mild)
Bibliografi
Author: LEEN, MARGARETHA ; Dahesihsari, Rayini (Advisor)
Topik: Tagline Iklan; Positioning Produk; Rokok; (Studi Kasus Tagline "Tanya Kenapa?" dan Rokok A Mild)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Margaretha Leen Undergraduated Theses.pdf (542.55KB; 134 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1196
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pada umumnya, tagline dari iklan rokok kerap dihubungkan dengan hal-hal yang mengarah pada dunia pria seperti petualangan atau maskulinitas. Berbeda dengan tagline “Tanya Kenapa?” dari iklan A Mild, yang berani mengusung topik-topik sosial berupa berbagai realitas kehidupan yang sedang hangat di tengah masyarakat Indonesia. Tagline ini mampu menyampaikan pesan dengan cara yang unik, maka tidak mengherankan tagline ini menghantarkan A Mild sebagai satu-satunya merek yang memenangkan penghargaan terbanyak di ajang Citra Pariwara. Situasi demikian, menjadikan tagline ini sebagai fenomena yang menarik. Di tengah persaingan yang ketat dalam situasi masyarakat yang kebanjiran informasi (overcommunicated society), perhatian konsumen dapat terpecah dengan banyaknya informasi tersebut. Tidak mudah suatu produk untuk diingat dan menjadi perhatian konsumen, maka positioning penting untuk ditinjau. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi konsumen terhadap tagline “Tanya Kenapa?” dan positioning rokok A Mild. Sesuai tujuan penelitian, maka penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan alat ukur berupa kuesioner. Kuesioner pertama mengukur variabel persepsi terhadap tagline berupa skala Likert. Kuesioner kedua mengukur variabel positioning berupa pertanyaan terbuka. Adapun karakteristik sampel pada penelitian ini yaitu konsumen rokok A Mild yang berusia 18-24 tahun yang berdomisili pada wilayah DKI Jakarta. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 orang, dengan teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling berupa accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian, konsumen memiliki persepsi terhadap tagline “Tanya Kenapa?” sebagai tagline yang memiliki kekuatan untuk memandang masalah dengan sudut pandang yang baru dan berbeda, dapat dipercaya, diingat, dan memiliki makna penting bagi konsumen. Adapun persepsi konsumen cenderung dominan pada kreativitas tagline tersebut. Hal ini yang mengarahkan sebagian besar konsumen memosisikan rokok A Mild sebagai rokok yang kreatif. Sementara itu, gambaran positioning rokok A Mild lainnya berkenaan dengan posisi rokok ringan (low tar). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tagline tersebut mampu memberikan kontribusi dalam pembentukan posisi rokok A Mild dalam persepsi konsumen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)