Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:28 WIB
Detail
BukuGambaran Penyesuaian Sosial Anak Usia 6–12 Tahun yang Mengikuti Homeschooling
Bibliografi
Author: ASTRID, KLARA ; Pandia, Weny Savitry S. (Advisor)
Topik: Homeschooling; Penyesuaian sosial
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-1191
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penyesuaian sosial merupakan suatu proses yang berlangsung seumur hidup dan dilakukan oleh setiap individu agar dapat berperan dan berfungsi di dalam kehidupannya. Dengan demikian, penyesuaian sosial penting untuk diperhatikan, terutama pada usia 6-12 tahun agar anak dapat memenuhi tugas perkembangannya. Pada tugas perkembangan tersebut, anak tidak hanya dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga, namun juga dengan lingkungan teman sebaya dan lingkungan sekolah. Dengan mengikuti homeschooling, dimana sebagian besar kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah, kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya baik dari segi waktu maupun jumlah menjadi terbatas. Di sisi lain, dengan metode homeschool yang fleksibel, mereka dapat mengikuti sejumlah aktivitas tambahan di luar aktivitas homeschool sehingga kebutuhan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya yang merupakan tugas perkembangannya dapat terpenuhi. Oleh karena jumlah homeschooling di Indonesia semakin meningkat, maka permasalahan yang dianggap sebagai kelemahan homeschooling menjadi sangat menarik untuk diteliti, yaitu penyesuaian sosial dengan teman sebaya yang merupakan tugas perkembangan anak usia 6-12 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian sosial anak usia 6-12 tahun yang mengikuti homeschooling di Jakarta dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan alat ukur Social Adjustment Scale– Self Report dari Weissman (2002) dan kriteria penyesuaian sosial menurut Scott dan Scott (1998).
Data hasil penelitian ini diperoleh dari 60 subjek penelitian yang diolah menggunakan teknik statistik deskripstif. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa penyesuaian sosial pada anak usia 6-12 tahun yang mengikuti homeschooling di Jakarta dan sekitarnya tergolong sedang. Dengan demikian, anak usia 6-12 tahun yang mengikuti homeschooling di Jakarta dan sekitarnya tidak mengalami kesulitan dalam melakukan penyesuaian sosial dengan teman sebaya. Hal ini dikarenakan adanya keterlibatan orangtua dalam proses belajar mereka dan sejumlah aktivitas di luar homeschooling yang mampu memfasilitasi kebutuhan mereka dalam berinteraksi dengan teman sebaya. Saran praktis yang diberikan kepada para pelaku homeschooling di Jakarta dan sekitarnya agar lebih memperhatikan prinsip dasar homeschooling serta kelebihan maupun kekurangannya untuk disesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak, sehingga potensi anak dapat berkembang dengan maksimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)